Home Pendidikan Majalah “Literasi Guru” Terus Kembangkan Dinamika Literasi

Majalah “Literasi Guru” Terus Kembangkan Dinamika Literasi

157
0
Majalah Literasi Guru edisi Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021 terbit. Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM – Majalah Literasi Guru (Maligu) terus ikut mengembangkan dinamika literasi dari Yogyakarta untuk Indonesia. Dengan dukungan semua elemen di masyarakat, diharapkan gerakan literasi nasional dapat lebih dinamis dan memberikan makna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Tanah Air.

Redaksi Maligu Susy Ernawati MPd mengemukakan hal itu dalam siaran pers yang dikirim kepada Bernasnews.com, Senin (30/8), sehubungan telah terbitnya edisi baru Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021. Media berkala ber-ISSN nomor 97727751420001 ini antara lain menurunkan laporan utama Cinta dan Kangen Yogya? Ya Menulis Buku; Opini Pendidikan adalah Teladan; serta cerita pendek Kunang-kunang dan Bimbim.

Rubrik profil menampilkan Kepala Sekolah Dasar Negeri Sariharjo, Sleman, Juriyah SPd yang menekankan penerapan karakter merupakan rumah kedua di sekolah. Profil sekolah menyajikan SD Negeri Delegan 3, Prambanan, Sleman yang giat menggerakkan literasi sekolah. Sekolah ini dipimpin oleh Henny Sri Rantauwati MPd.

(Baca juga: Pustakawan dan Arsiparis Dukung Gerakan Literasi)

Warta pendidikan menurunkan sebelas siswa SLB DIY yang berlaga ke Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Daring 2021; kegiatan KKG kelas 4 Kapanewon Godean Sleman; pembelajaran daring melalui WAG di SD N Semarangan 3 Godean Sleman.

Sementara di halaman opini antara lain menurunkan kisah mengikuti program PembaTIK 2021, Refleksi Buku “Lagu-lagu Pendidikan untuk Pengembangan Karakter Siswa”, Semangat Kebangkitan Nasional untuk Pemulihan Ekonomi, Penataan Kinerja Tenaga Kependidikan yang Efektif, TPM Luring di Tengah Pandemi, Suka Duka Pandemi bagi Seorang Guru.

(Baca juga: Siswa, Guru dan Pustakawan Beri Kado Buku Puisi pada HUT ke-76 RI

Rubrik resensi buku menampilkan tulisan Mereka yang Berguru pada Puisi, Ada Guru yang Berkunjung ke Rumah Siswa. Kemudian rubrik Gurusiana menyajikan Lawan Pikun dengan Untaian Pena. Ditampilkan pula karya-karya puisi.

Majalah Literasi Guru terbit dua kali dalam setahun. Media berkala yang terbit perdana pada 22 Desember 2019 ini dikelola oleh para guru, pustakawan dan praktisi media. Pada momentum HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 11 orang wartawan/penulis Maligu menerbitkan antologi puisi dan cerpen bertajuk Tunas Muda. (YB Margantoro) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here