Home Pendidikan Pustakawan dan Arsiparis Dukung Gerakan Literasi

Pustakawan dan Arsiparis Dukung Gerakan Literasi

186
0
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Yogyakarta Dra Sri Wantini MPd menerima buku dari Praktisi Media dan Literasi YB Margantoro di Kantor DPK Sleman, Kamis (19/8). Turut mendampingi Kabid Kearsipan Dra Sari Respatiningtyas dan Kabid Perpustakaan Rahman Subadi SIP M.Si. Foto: kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Dalam pembangunan bangsa melalui aneka gerakan literasi nasional saat ini, pustakawan dan arsiparis semakin terpanggil untuk mendukung kesuksesan dan kebermaknaan literasi. Perpustakaan, arsip dan buku menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keberhasilan setiap insan pembelajar sepanjang masa.

Hal tersebut mengemuka dalam perbincangan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Yogyakarta Dra Sri Wantini MPd dengan Praktisi Media dan Literasi YB Margantoro di kantor setempat, Sleman, Yogyakarta, Kamis (19/8/2021). Turut hadir Kabid Perpustakaan Rahman Subadi SIP M.Si dan Kabid Kearsipan Dra Sari Respatiningtyas.

Menurut Sri Wantini, para pustakawan dan arsiparis yang setiap hari bergelut dengan buku semestinya lebih terpanggil untuk mensukseskan program nasional literasi. Literasi harus semakin menyentuh pada kebutuhan dan keberhasilan kehidupan. Sejarah mengajarkan bahwa para tokoh dunia dan nasional sukses karena banyak membaca buku, mengambil inspirasi dan motivasi dari gagasan banyak orang.

Momentum Hari Kunjungan Perpustakaan pada 14 September, misalnya, dapat dimanfaatkan sebanyak mungkin dinas dan semua elemen masyarakat untuk semakin mencintai perpustakaan, kearsipan dan buku.

“Ketika sebelum pandemi Covid 19, memang banyak agenda untuk momentum itu. Namun dengan adanya pandemi dan PPKM memang harus ada strategi lain supaya semangat mencinta perpustakaan itu tetap ada,” kata Sri Wantini.

Pada kesempatan ini, Sari Respatiningtyas menjelaskan pula dinamika kepenulisan pustakawan dan arsiparis secara internal disalurkan antara lain melalui media berkala dinas yakni Buletin Literasia dan Buletin Arsip.

Tentang layanan dinas, Rahman Subadi mengemukakan, ada pembinaan dan pendampingan perpustakaan, layanan kunjung perpustakaan, layanan perpustakaan keliling, layanan Pusteling (perpustakaan dan internet keliling), layanan wisata perpustakaan, silang layanan koleksi perpustakaan, layanan sirkulasi dan ruang baca.

Sementara itu, Praktisi Media dan Literasi YB Margantoro mengemukakan, keberhasilan gerakan literasi memang harus melibatkan semua elemen masyarakat dan dilakukan secara konsisten. Konsistensi pelaksanaan serta kemauan menciptakan kreasi dan inovasi akan melestarikan gerakan dan membuahkan kebermaknaan.
Pada kunjungan media ini diserahkan buku Terus Merawat Asa dan Merawat Keberbedaan karya YB Margantoro. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here