Home Pendidikan Zalacca Bubble, Minuman Inovatif Berbahan Kulit Salak

Zalacca Bubble, Minuman Inovatif Berbahan Kulit Salak

396
0
Wedhang Susu Zalacca Bubble, minuman berbahan dasar ekstrak kulit salak pondoh. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berhasil mengembangkan wedhang atau minuman berbahan dasar ekstrak kulit salak pondoh. Produk tersebut diberi nama Wedhang Susu Zalacca Bubble yang akan ikut berkompetisi bersama 14 tim lolos pendanaan lainnya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ardiansyah Sanjaya (Agroteknologi 2017) ditemani Qurrotul Uyun (Agroteknologi 2017), Annis Muthia Arifani (Agribisnis 2017) dan Nur Prangawayu (Teknik Industri 2018) berhasil mengembang produk tersebut. Tim yang berhasil mengombinasikan keilmuan Teknik Industri, Agroteknologi dan Agribisnis guna menghasilkan Wedhang Susu Zalacca Bubble ini dibimbing langsung oleh Dosen Program Studi Agribisnis Heni Handri Utami SP MM.

“Produk ini hadir bukan untuk bersaing dengan UMKM, tetapi untuk berkolaborasi dan berkembang bersama yang akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dengan menjadikan UMKM pengolah salak sebagai mitra usaha, baik dalam hal bahan baku hingga limbah yang belum bisa dimanfaatkan seperti biji salak,” kata Markus Kusnardijanto S.Sos, Kasubag Humas dan Kerjasama UPNVY, dalam rilis yang dikirim kepada wartawan, Rabu (2/9/2020).

Salak pondoh. Foto : Istimewa

Dikatakan, salak yang digunakan yaitu jenis Salak Pondoh. Selain terkenal dan merupakan varietas asli Sleman, salak jenis ini juga disukai oleh banyak orang. “Saya sebelumnya tidak menyukai wedhang karena rasa jahe nan pedas dan aroma nan kuat yang begitu kental, tetapi dengan minuman ini siapapun anak muda saya yakini berubah menjadi menyukai wedhang”, ucap Nur Prangawayu, salah satu anggota Tim Zalacca PKM-K UPNVY dan juga merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, UPNVY.

Ia menambahkan bahwa Wedhang Susu Zalacca Bubble hadir selain untuk memanfaatkan limbah kulit salak, juga untuk meningkatkan konsumsi dari wedhang dan salak di kalangan milenial. Kulit salak diekstrak dan diolah menjadi bubble kekinian ditambah rasa dan jahe.

Hingga kini, tim Zalacca PKM-K UPNVY telah mengembangkan varian rasa dan komposisi menjadi beragam, seperti rasa taro, strawberry, dan brown sugar dengan pilihan komposisi susu orisinal atau susu skim rendah lemak, dan akan terus bertambah ke depannya.

Meski pandemi COVID-19 masih tak pasti kapan berakhirnya, Ardiansyah Sanjaya dan tim yakin bahwa Program Kreativitas Mahasiswa ini selain membawa keuntungan secara ekonomi, tapi juga kebermanfaatan sosial masyarakat. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here