Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsYLPK Nusantara Satu DIY Terima Berbagai Aduan Masyarakat

YLPK Nusantara Satu DIY Terima Berbagai Aduan Masyarakat

BERNASNEWS.COM – Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Satu(YLPKNS) DIY yang baru berdiri awal April 2020 di tengah kondisi yang tidak menentu telah menerima berbagai aduan masyarakat. Aduan tersebut terkait dengan angsuran baik angsuran macet kredit motor, mobil, KTA, koperasi, produk rusak dan bermasalah dan lain-lain.

Hal ini tentu sangat memprihatinkan mengingat pemerintah sudah meminta agar kredit macet diberi toleransi selama satu tahun untuk tidak ditagih, apalagi menggunakan debt collector atau penagih utang.

“Kami sangat prihatin karena di tengah upaya pemerintah Jokowi untuk meringankan beban hidup masyarakat dengan berbagai kebijakan, ternyata d lapangan masih menyisakan berbagai kendala, seperti masih ada pihak yang mengabaikan dengan tetap menagih utang atau membayar angsuran/cicilan kredit. Padahal masyarakat masih mengalami kesulitan karena usaha dan matapencaharian mereka terhenti akibat virus Corona,” kata
K Herman Setiawan, Humas YLPKNS, dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Minggu (12/4/2020).

Menurut Herman Setiawan, saat ini masyarakat mengalami kesulitan memenuhi kewajiban membayar cicilan kredit karena usaha terehenti sebagai imbas atau efek wabah virus Corona. Karena itu, pihaknya sangat berharap pengertian para leasing, bank, koperas dan pemberi jasa pinjaman lainnya agar mematuhi kebijakan pemerintah yang memberi tenggang waktu selama satu tahun untuk tidak membayar cicilan kredit.

Dikatakan, meski baru dikukuhkan yang ditandai dengan penyerahan KTA Ketua, Sekretaris, Bendahara secara simbolis oleh Ketua Umum YLPKNS Kewuh Heru Prasetyo Jati ke pada Kris Triwanto selaku Ketua DPD YLPKNS DIY di Kantor Sekretariat Jalan Bangirejo TR 2/645 RT 39/ RW 11 Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta pada Sabtu (11/4/2020) namun YLPNS sudah melayani pengaduan masyarakat.

Menurut Kewuh Heru Prasetyo Jati, meski tidak ada acara formal karena kondisi tim lebih mengutamakan kecepatan kinerja lembaga saat ini dimana banyak problem yang menimpa masyarakat saat ini.

“YLPKNS siap bekerja membantu mendampingi, memediasi, pelaporan, sidang pengadilan dan sebagainya dengan anggota tim yang solid dan tim hukum yang berpengalaman. Diharapkan mereka bisa membantu pemerintah dalam mengurai berbagai masalah yang ada. Masyarakat bisa langsung datang ke Sekretariat YLKNS pada hari kerja, Senin-Jumat pukul 09.00-16.00 WIB,” kata Kewuh Heru Prasetyo. (lip)


spot_img
RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments