Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsYCMF # 10 Tampilkan Kelompok Musik Kamar Profesional

YCMF # 10 Tampilkan Kelompok Musik Kamar Profesional

bernasnews.com – Event program Yogyakarta Chamber Music Festival (YCMF) #10 di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Rabu (15/6) – Kamis (16/6/2022), dengan menu masterclass, luthier exhibition and workshop, dan konser yang memberikan makna edukasi musik berkelas. Khusus untuk konser dengan menampilkan musik kamar professional, memberikan makanan rohani berkelas setelah sebelumnya terhambat pandemi Covid-19.

“Saya sungguh bersyukur dan senang dapat menjadi bagian dari YCMF #10. Bersama Muhammad Juan Arief di posisi Marimba, Ababil Thufail Taufik di multi percussion, dan saya di Timpani, kami tim Raupan Percussion Trio tampil hari Kamis (16/6). Kami memainkan 3×5 by Michael Obermeyer, Jr dan Polyphloisboian Percussion,” kata Raden Ajeng Amara Imesadya E. kepada bernasnews.com di Yogyakarta, Sabtu (18/6).   

Menurut panitia YCMF # 10, untuk masterclass diadakan dalam rangka memberikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada masyarakat melalui pelatihan praktek instrumen secara intensif dengan mentor professional yang memiliki reputasi nasional dan internasional.

Peserta dibagi menjadi dua yaitu peserta aktif dan peserta pasif. Peserta aktif secara intensif dibimbing oleh “sang master” dan peserta pasif sebagai audience yang secara langsung dapat belajar dari interaksi antara peserta aktif dan master.

Kemudian, kehadiran pengrajin instrumen (luthier) lokal merupakan upaya YCMF #10 2022 dalam memberikan wadah bagi pengrajin instrumen musik lokal untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat yang selama ini dominan menggunakan instrumen buatan luar negeri.

Melalui pameran, masyarakat dapat secara langsung melihat dan merasakan kualitas alat musik buatan lokal sehingga diharapkan masyarakat dapat mulai mencintai produk instrumen lokal.

Sedangkan untuk konser, tampil kelompok-kelompok musik kamar professional yang telah melalui tahap seleksi dan ditutup dengan penampilan guest star dari kalangan dosen dan alumni yang memiliki kompetensi di bidang musik seperti Orkes Gamelan, De Java String Quartet, Duo Piano Cello, Surabaya Dua (Indonesia).

Repertoar yang dibawakan merupakan repertoar standar musik kamar dari berbagai periode dalam format strings quartet, piano trio dan format-format lain dalam kategori format chamber. (mar)  

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments