Home Pendidikan Wujudkan Masyarakat Cerdas Butuh Kebersamaan Banyak Pihak

Wujudkan Masyarakat Cerdas Butuh Kebersamaan Banyak Pihak

384
0
Para pemenang dan nominator lomba menulis esai MMB foto bersama dengan Kepala DPK Sleman dan Ketua Lembaga MMB di Kantor DPK Sleman, Jumat (28/8). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Untuk membantu mewujudkan masyarakat yang cerdas di Kabupaten Sleman, DIY khususnya, dan Indonesia pada umumnya, dibutuhkan kebersamaan banyak pihak. Termasuk dalam bidang pengembangan kegiatan literasi nasional, dukungan komunitas literasi penting untuk membantu mewujudkan generasi penerus yang literat.

“Oleh karena itu, saya atas nama dinas sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan lomba menulis esai 75 Tahun Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Mitra Mekar Berkarya ini,” kata Dra Sri Wantini MPd, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman, pada acara penyerahan hadiah pemenang lomba menulis esai 75 Tahun Indonesia di Kantor DPK Sleman, Tridadi, Sleman, Jumat (28/8/2020).

Lomba menulis esai 75 Tahun Indonesia ini diselenggarakan oleh Lembaga Mitra Mekar Berkarya (MMB) Yogyakarta dan diikuti 43 peserta dari DIY, dan beberapa kota di Jawa dan luar Jawa. Tema lomba menulis adalah Indonesia Maju dengan sub tema Merdeka dan Pengembangan SDM, Ketenagakerjaan, UMKM, Masa Pandemi Corona, Perdamaian.

Dalam lomba tersebut, Juara I diraih Antonio Tilman (Pustakawan STPN Yogyakarta) dengan karya tulis berjudul Merdeka dan Keberhasilan Pembangunan SDM. Kemudian, Juara II Emanuela Agra Sartika KD (Dosen Stipram Yogyakarta) dengan tulisan berjudul Kawinnya Potensi dan Kompetensi dalam Bingkai SDM Pariwisata dan Juara III Widi Astuti (Staf Dinas Dikpora DIY) dengan tulisan berjudul Go, Jagoriko!

Kepada tiga pemenang diberikan hadiah uang pembinaan, sertifikat dan buku. Untuk 14 orang nominator diberikan hadiah sertifikat dan buku. Sedang peserta selanjutnya diberikan e-sertifikat dan e-book.

Ketua Lembaga MMB Yogyakarta YB Margantoro dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Jumat (28/8/2020) mengemukakan, menjadi kewajiban bagi setiap elemen masyarakat untuk ikut mendukung keberhasilan dan kebermanfaatan Gerakan Literasi Nasional yang memiliki cakupan Gerakan Literasi Keluarga, Gerakan Literasi Sekolah dan Gerakan Literasi Masyarakat.

Sekretaris MMB Ch Endah Heruwati menambahkan, untuk lebih mengakrabkan pemenang dan nominator lomba menulis serta tetap semangat berliterasi akan dibuatkan WAG Sahabat MMB.

Setelah selesai acara, Kepada DPK Kabupaten Sleman, Kepala Bidang Perpustakaan, dan Ketua Lembaga MMB foto bersama dengan pemenang dan nominator lomba menulis. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here