Home Pendidikan WRC Ikuti Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 6 Jogja

WRC Ikuti Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 6 Jogja

405
0
Koordinator Watch Relation of Corruption (WRC) K Herman Setiawan (kedua dari kiri) saat menghadiri Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 6 Yogyakarta, Jumat (14/2/2020) pagi. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Koordinator Watch Relation of Corruption (WRC) K Herman Setiawan menghadiri Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 6 Yogyakarta, Jumat (14/2/2020) pagi. Kegiatan diawali dengan jalan sehat yang diikuti seluruh murid dan guru mengelilingi wilayah sekitar sekolah sambil memungut sampah yang ditemui sepanjang area yang dilintasi.

Kegiatan ini dilakukan agar murid dan sekolah memiliki hubungan emosional dengan lingkungan dan wilayah setempat semakin akrab. Selain itu agar anak-anak mencintai kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di luar sekolah.

Menurut Herman Setiawan dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, usai jalan sehat acara dibuka dengan sambutan Kepsek SMPN 6 Yogyakarta Dra T Sugiyarti dilanjutkan dengan Deklarasi Sekolah Ramah Anak.

Koordinator Watch Relation of Corruption (WRC) K Herman Setiawan melihat aktivitas siswa/siswi SMP 6 Yogyakarta di sela-sela acara Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 6 Yogyakarta, Jumat (14/2/2020) pagi. Foto : Istimewa

Pada kesempatan itu, Sugiyarto menjelaskan manfaat pemakaian tumbler di sekolah sehingga berdampak pada pengurangan sampah plastik di lingkungan sekolah. Hal ini selaras dengan program paguyuban orangtua tentang pengadaan air minum di masing-masing kelas yang selama ini sudah berjalan dimana anak-anak yang mengisi tumbler.

Para siswa SMP 6 Yogyakarta menikmati sarapan di sela-sela acara Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 6 Yogyakarta, Jumat (14/2/2020) pagi. Foto : Istimewa

Acara ditutup dengan makan bersama dengan lauk sayur-sayuran yang dibawa siswa-siswi maupun guru dari rumah. Acara ini dilakukan untuk melatih siswa-siswi agar mengubah kebiasaan beli jajanan di luar sekolahan dimana kebersihannya belum bisa dipastikan.

Semua kegiatan mulai dari workshop, Deklarasi Sekolah Ramah Anak, jalan sehat sambil pungut sampah, pemakaian tumbler, makan sehat bersama. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan menuju persiapan SMPN 6 menuju lomba Adiwiyata tingkat DIY bersama Dinas Lingkungan Hidup kota Yogyakarta. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here