Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanWorkshop Penyusunan Instrumen Penilaian bagi Guru SD di Kemantren Jetis Jogja

Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian bagi Guru SD di Kemantren Jetis Jogja

bernasnews.com – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kemantren Jetis Yogyakarta mengadakan Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian untuk guru sekolah dasar (SD) sewilayah Kemantren Jetis di SD Negeri Jetis 1, Yogyakarta. Untuk guru kelas bawah dilaksanakan pada Jumat (18/3/2022). Sedangkan untuk guru kelas atas dilaksanakan pada Jumat (25/3/2022).

“Kami para guru sekolah dasar di Kemantren Jetis Yogyakarta senang dapat mengikuti workshop. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas guru. Secara khusus, bagi para guru di SD Negeri Jetis 1 yang menjadi tempat workshop, acara ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus mengembangkan kemampuan guru dalam berbagai ilmu,” kata Kepala SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta Suwarti, S.Pd., yang didampingi guru kelas 1 Diana Peggy Putinella, S.Pd., kepada bernasnews.com di sekolah setempat, Rabu (23/3/2022).

Menurut Suwarti, hadir pada acara workshop hari pertama Jumat yang lalu Ketua LPPMP UNY Prof. Dr. Suharjono, M.Kes, Pengawas SD Kemantren Jetis Suprapti M.Pd., Ketua KKKS Kemantren Jetis Dra Ninik Wusqo Murni, M.Pd.,dan Prof. Dr. Sekar Purbarini Kawuryan, M.Pd sebagai narasumber dari LPPMP UNY.

Kepala SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta Suwarti, S.Pd. (kiri) dan guru kelas 1 Diana Peggy Putinella, S.Pd. di ruang kepala sekolah, Jalan Pasiraman 2, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta, Rabu (23/3/2022). (Foto : Y.B. Margantoro/bernasnews.com)

Prof. Suharjono yang memberi sambutan sekaligus membuka acara ini mengatakan, bapak ibu guru membutuhkan ilmu dalam hal ini Instrumen Penilaian dan pihak LPPMP UNY memfasilitasi Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian di Sekolah Dasar. Semoga ke depannya menghasilkan mutu guru yang berkualitas dalam menyusun instrumen penilaian.    

Pengawas SD Kemantren Jetis Suprapti M.Pd. mengapresiasi KKKS Jetis yang telah mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian dan mendapat fasilitas dari LPPMP UNY. Kegiatan ini berawal dari menugaskan guru-guru se-Kemantren Jetis untuk membuat soal Penilaian Tengah Semester (PTS) beserta kisi-kisinya.

“Dari hasil pencermatan pembuatan soal dan kisi-kisi dengan kepala sekolah sebagai editor dapat dilihat kekurangan para guru selama ini. Dengan melihat kekurangan tersebut, maka kegiatan pelatihan ini perlu dilaksanakan. Semoga dengan pelatihan ini guru-guru se-Kemantren Jetis mendapat pencerahan bagaimana cara membuat perangkat penilaian yaitu mulai dari membuat kisi-kisi  sampai ke pembuatan soal berdasarkan Kompetensi Dasar di setiap muatan pembelajaran,” kata dia.

Prof. Dr. Sekar Purbarini Kawuryan, M.Pd sebagai narasumber memberikan materi Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan langsung dijawab oleh narasumber.

Diana Peggy Putinella menambahkan, pemateri kedua yaitu Kepala SD Negeri Vidya Qasanah Dewi Rakhmawati, S.Pd., M.Si membimbing langsung praktik bersama menyusun instrument penilaian diantaranya langkah-langkah membuat kisi-kisi dan soal HOTS.

“Peserta mengikuti workshop dengan penuh antusias dilihat dari keaktifan peserta pada sesi diskusi dan presentasi. Harapannya, peserta memahami kekurangan mereka selama ini dalam membuat instrumen penilaian terutama dalam membuat kisi-kisi dan soal HOTS,” kata dia. (mar)

.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments