Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanWisuda Secara Luring, Kehidupan Kampus Mulai Menggeliat

Wisuda Secara Luring, Kehidupan Kampus Mulai Menggeliat

bernasnews.com – Setelah hampir dua tahun hampir semua kegiatan akademik dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau jarak jauh/ online, namun kini sejumlah kampus perguruan tinggi mulai melakukan aktivitas akademik secara luring (luar jaringan) atau secara langsung di kampus/offline atau tatap muka langsung. Kehidupan kampus pun mulai menggeliat.

Setidaknya itu yang terjadi di Kampus Terpadu UII. Untuk pertama kali selama pandemi Covid-19 masuk Indonesia pada Maret 2020, acara wisuda dilakukan secara luring atau langsung di kampus, meski tidak 100 persen diikuti peserta wisuda, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Ya selama pandemi Covid-19 baru kali ini acara wisuda dilakukan secara luring dengan peserta yang lebih banyak meski belum 100 persen diikuti semua wisudawan/i maupun orangtua wisudawan/i. Sebelumnya pernah ada tapi hanya diikuti sekitar 40 wisudawan pilihan mewakili wisudawan lainnya. Sekarang sudah diikuti ratusan wisudawan meski belum 100 persen karena sebagian mengikuti secara daring. Orangtua wisudawan/i pun belum boleh menghadiri/mendampingi secara langsung tapi cukup lewat live streaming di kanal Youtube,” kata Dr Tatang Shabur Julianto SSi MSi, Direktur Akademik UII, kepada wartawan di sela-sela acara wisuda lulusan UII peridoe III dan IV Tahun Akademik 2021-2022 di Auditorium KH Abdulkahar Mudzakir Kampus Terpadu UII, Sabtu (26/3/2022).

Acara wisuda secara luring lulusan UII peridoe III dan IV Tahun Akademik 2021-2022 di Auditorium KH Abdulkahar Mudzakir Kampus Terpadu UII, Sabtu (26/3/2022). Foto: Philipus Jehamun/bernasnews.com

Menurut Tatang Shabur, dalam wisuda luring kali ini, dari 1.190 wisudawan/i sebagian mengikuti secara daring dan sebagian secara luring lewat kanal YouTube. Acara wisuda secara luring pun dilakukan dua hari, pada hari Sabtu 26 Maret 2022 masing-masing diikuti 297 wisudawan/i secara luring dan 252 orang mengikuti secara daring. Kemudian, pada Minggu 27 Maret 2022 diikuti 355 wisudawan/i secara luring dan 286 orang secara daring.

Hal ini juga dibenarkan oleh Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc Phd. Menurut Rektor UII, wisuda kali ini dikemas secara berbeda dibanding wisuda selama 2 tahun terakhir, karena pandemi Covid-19 belum usai. Dikatakan, wisuda kali ini didesain dengan bauran antara daring dan luring. Wisudan diberi kebebasan untuk memilih daring atau luring.

“Karena yang mendaftar untuk mengikuti wisuda secara luring cukup banyak maka untuk memitigasi penularan Covid-19, acara wisuda kali ini dijalankan selama dua hari,” kata Rektor UII Prof Fathul Wahid dalam sambutan pada acara wisuda tersebut. Menurut Rektor UII, wisuda kali ini diikuti 1.190 lulusan, terdiri dari 24 Diploma, 1.020 sarjana, 137 magister dan 39 doktor. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments