Home News Wisuda FBE UAJY: Tantangan Pasar Kerja Bagi Alumni Di Masa Pandemi

Wisuda FBE UAJY: Tantangan Pasar Kerja Bagi Alumni Di Masa Pandemi

176
0
Calon wisudawan terbaik sebagai wakil peserta wisuda dan Pengurus FBE UAJY foto bersama. (Foto: Kiriman Humas FBE UAJY)

BERNASNEWS.COM — Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) menyelenggarakan acara yudisium dan  pelepasan calon wisudawan Sarjana/ Magister, periode II Tahun Akademik 2020/2021, Jumat (26/2/2021).

Acara tersebut diselenggarakan secara daring (Youtube Streaming Live) dan luring di Auditorium Kampus FBE UAJY. Tampak hadir dalam acara, Dekan FBE UAJY, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Ketua Program Studi, dan Koordinator Kelas Internasional.

“Dalam cara tersebut, FBE UAJY telah melepas 177 lulusan, dengan rincian Prodi Magister Manajemen Prodi Akuntansi, jumlah 99 lulusan; Prodi Ekonomi Pembangunan, 10 lulusan; Prodi Manajemen, 99 lulusan dan Kelas Internasional, 3 lulusan,” terang Humas FBE UAJY, Y. Sri Susilo dalam rilisnya, Senin (1/3/2021).

Dikatakan, untuk acara luring diwakili 4 calon wisudawan terbaik dengan predikat cum laude yaitu, Jefferson Hermawan, Prodi Magister Manajemen; Elisabeth Aprilia Sukma Dewi, Prodi Akuntansi; Christian Bura Tukan, Prodi Ekonomi Pembangunan; Fransiskus Asisi Adrian Nicholas Asmedi, Prodi Manajemen, dan Manda Louis Fertanto, Kelas Internasional.

Dalam sambutan mewakili calon wisudawan  Jefferson Hermawan, Prodi Magister Manajemen (IPK 3,98) menekankan, bahwa lulus dari studi bukan akhir dari proses melainkan untuk memulai proses tantangan kehidupan selanjutnya. Tantangannya adalah memasuki pasar kerja bagi yang ingin bekerja. Bagi yang ingin melanjutkan studi (Magister atau Doktor ) juga menghadapi tantangan untuk studi lanjut.

“Proses Belajar Mengajar dengan daring dapat menjadikan pengalaman hidup khususnya kemampuan kita untuk beradaptasi dan belajar dengan cepat,” ungkap Jefferson.

Suasana acara pelepasan para wisudawan, di Auditorium Kampus FBE UAJY, Jumat (26/2/2021). Foto: Kiriman Humas FBE UAJY.

Sementara itu, Dr. Y. Sri Susilo, SE, MSi selaku Kaprodi Ekonomi Pembangunan FE UAJY menyampaikan pesan, calon wisudawan harus siap menghadapi tantangan pasar kerja di masa pandemi. “Seperti diketahui, di samping terjadinya peningkatan angka pengangguran, pandemi Covid-19 juga merubah pasar tenaga kerja,” ucapnya.

Menurut Susilo, perlu diantisipasi terkait dengan perubahan di pasar tenaga kerja, yaitu terkait dengan kualifikasi atau keahlian pekerja yang dibutuhkan pasar kerja. “Dari sisi kualifikasi tenaga kerja, studi yang kami lakukan mengidentifikasi bahwa tenaga kerja yang dibutuhkan di pasar tenaga kerja ke depannya adalah mereka yang mampu berdaptasi dengan perkembangan teknologi,” tegas Y. Sri Susilo.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FBE UAJY  Budi Suprapto, MBA, PhD dalam sambutannya mengingatkan, bahwa seluruh calon wisudawan harus tetap menjalin komunikasi dengan alma mater. “Membangun jejaring dengan sesama alumni menjadi hal yang penting,” tegas Budi Suprapto.

Dari jejaring tersebut, lanjut Budi, dimungkinkan untuk mendapat informasi yang terkait dengan kesempatan kerja. “Dalam kondisi pandemi ini seluruh calaon wisudawan agar tetap mentaati protokol kesehatan, berolahraga cukup, makan dengan asupan gizi yang memadai dan tetap rajin berdoa,” imbuh Budi. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here