Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPariwisataWisatawan yang Naik ke Candi Borobudur Akan Dibatasi

Wisatawan yang Naik ke Candi Borobudur Akan Dibatasi

bernasnews.com – Jumlah wisatawan yang naik ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah akan dibatasi. Rencananya dalam satu hari akan dibatasi sejumlah 1.200 orang saja yang bisa naik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan jumlah wisatawan yang naik ke Candi Borobudur dalam satu hari akan dibatasi sebagai salah satu upaya untuk merawat warisan budaya tersebut.

“Jadi 1.200 orang per hari. Kemudian asing harus bayar berapa, domestik berapa, anak sekolah kuota 25 persen dan bayar Rp 5.000 rupiah aja,” kata Menko Marves Luhut dalam agenda peresmian SPKLU Borobudur.

Tak cuma pembatasan, untuk merawat situs bersejarah tersebut, pemerintah juga bakal melakukan penataan kawasan Candi Borobudur. Luhut menyampaikan total Rp 6,8 triliun digelontorkan untuk penataan kawasan Candi Borobudur mulai dari penataan tanah hingga penataan kabel listrik.

“Budget kita usulkan Rp 6,8 triliun untuk penataan ini semua. Tanah kita beresin, penetapan, lampu kabel gak ada lagi boleh di atas. Ini harus dilakukan, karena sekarang Indonesia jadi negara yang leading dalam masalah energi hijau ini,” katanya.

Dia pun berharap agar semua pihak dapat bekerja sama dan mendukung penataan tersebut. Apalagi saat ini Indonesia menjadi tuan rumah G20.

“Jadi saya mau, kalau ini kerja sama bersama-sama maka tidak ada masalah yang enggak selesai,” katanya. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments