Home Pendidikan Webinar Bedah Buku: “Kompilasi Opini di Media Masa” Karya Purwoko Dosen MM...

Webinar Bedah Buku: “Kompilasi Opini di Media Masa” Karya Purwoko Dosen MM UAD

150
0
Program Studi Magister Manajemen Universitas Ahmad Dahlan (MM UAD) Yogyakarta, Rabu (18/11/2020), selenggarakan webinar bedah buku yang berjudul “Kompilasi Opini di Media Masa” . (Repro)

BERNASNEWS.COM — Webinar bedah buku yang berjudul “Kompilasi Opini di Media Masa” diselenggarakan oleh Program Studi Magister Manajemen Universitas Ahmad Dahlan (MM UAD) Yogyakarta, Rabu (18/11/2020). Buku tersebut disusun oleh Dr. Purwoko, SE, MM selaku Pengusaha dan Dosen MM UAD.

Sebagai pembahas bedah buku adalah Triyanto Triwikromo seorang sastrawan, jurnalis juga dosen dan Dr. Y. Sri Susilo, SE, M Si, Dosen FBE Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Bertindak sebagai moderator Dr. Zunan Setiawan, Dosen MM UAD.

“Buku kompilasi ini merupakan kumpulan artikel opini yang saya tulis di beberapa surat kabar di Jawa Tengah dan DIY,” ungkap Purwoko.

Foto Dr. Purwoko, SE, MM . (Repro)

Dikatakan, sebagian besar tulisan opini bertopik koperasi dan UMKM. Penulis buku memang peduli dengan pemberdayaan dan pengembangan koperasi dan UMKM, karena juga menjadi pengurus koperasi dan pelaku usaha yang peduli kepada UMKM. Bagi Purwoko menulis di media masa merupakan hobi dan menjadi media untuk menuangkan ide, saran dan solusi terhadap permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

Sementara Triyanto memaparkan, bahwa penulis tidak hanya mampu menulis topik koperasi dan UMKM namun juga menulis topik lain yang relevan khususnya di bidang ekonomi. “Gaya tulisan Purwoko menarik dan bergaya esai sehingga menjadi menarik untuk dibaca,” papar jurnalis senior itu.

Menurut Triyanto, gaya tulisan Purwoko menarik dan bergaya esai sehingga menjadi menarik untuk dibaca. Harus diakui topik yang dibahas oleh penulis sangat luas, tidak hanya koperasi dan UMKM, namun juga pendidikan, BUMN, RAPBN, sembako dan sebagainya. Hal tersebut menunjukkan penulis mempunyai wawasan yang luas, lanjut Triyanto, namun di sisi lain lain dapat dianggap kurang fokus terhadap pilihan topik opini yang ditulis.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Y. Sri Susilo, tulisan opini karya Purwoko bahasanya mengalir, enak dibaca dan topiknya menarik. “Apresiasi buat penulis karena tidak hanya dosen namun juga pengusaha yang sekaligus penulis opini di surat kabar dan hal tersebut bagi saya adalah luar biasa,” tegas Susilo.

Menurut Dosen FBE UAJY, sebagai buku kumpulan atau kompilasi opini ini juga mempunyai “kekurangan”. Judul buku seharusnya bisa dibuat lebih manarik. Selain itu kompilasi opini sebaiknya diberi pengantar awal di bagian depan (prolog) dan penutup di bagian belakang (epilog).

Zunan sebagai moderator yang juga panitia webinar bedah buku menjelaskan, kegiatan ini sengaja dislenggarkan pada tanggal 18 November sebab bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) atau Milad Muhammadiyah juga bertepatan HUT Purwoko sebagai penulis buku. “Semua peserta webinar akan dikirimi buku karya pak Purwoko secara gratis,” pungkas Zunan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here