Home News Wawalikota Yogyakarta Heroe Poerwadi Terpilih Sebagai Ketua RAPI Kota Yogyakarta Periode 2021-2025

Wawalikota Yogyakarta Heroe Poerwadi Terpilih Sebagai Ketua RAPI Kota Yogyakarta Periode 2021-2025

519
0
Ketua RAPI Daerah DIY, Ir. H. Sulaiman Suseso saat melantik Pengurus Wilayah RAPI Kota Yogyakarta periode 2021-2025. (Bambang Darmadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Pengurus Wialayah Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Yogyakarta menggelar  Musyawarah Anggota Luar Biasa 2021, dengan tema “Dengan Semangat Konsolidasi Kita Wujudkan RAPI Wilayah Kota Yogyakarta Yang Lebih Berkualitas,”, Minggu (30/5/2021), di Ayola Tasneem Hotel, Jalan Brigjend Katamso Yogyakarta, dengan tetap menerapakan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan  Musyawarah Anggota Luar Biasa dihadiri oleh dua orang anggota perwakilan dari masing-masing anggota yang ada di 14 Kecamatan se-Kota Yogyakarta. Sedangkan  tamu undangan hadir  dari  Ketua RAPI Daerah DIY, Ketua Wilayah RAPI Kabupaten Bantul, Ketua Wilayah RAPI Kabupaten Kulonprogo, Ketua Wilayah RAPI Kabupaten Sleman, Ketua Wilayah RAPI Kabupaten Gunung Kidul.

Suasana Musyawarah Luar Biasa RAPI Kota Yogyakarta Tahun 2021, Minggu (30/5/2021), di Ayola Tasneem Hotel, Jalan Brigjend Katamso Yogyakarta, dengan tetap menerapakan protokol kesehatan Covid-19. (Bambang Darmadi/ Bernasnes.com)

Juga hadir Letkol Erwin Ekagita Yuana selaku Kepala KODIM 0734 Kota Yogyakarta, POLRESTA Kota Yogyakarta yang diwakili oleh AKP Agung Firdausi, Danramil Kecamatan Mergangsan, Dinsosnakertran Yogyakarta, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Balmon) DIY, Perwakilan ORARI Yogyakarta, RM. Acun Hadiwijaya (JZ12CUN) selaku tokoh masyarakat dan anggota RAPI Kota Yogyakarta, dan  Ketua Kwarcab Pramuka Kota Yogyakarta.

Kegiatan Musyawarah anggota luar biasa, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars RAPI, pembacaan VISI MISI RAPI dan Kode Etik. Dalam kata sambutannya, Bambang Cahyono (JZ12BA) selaku Ketua Organizing Committee (OC) menyampaikan, bahwa terselenggaranya pelaksanaan Musyawarah Luar Biasa RAPI Wilayah Kota Yogyakarta  ini dilaksanakan oleh pengurus sementara RAPI Wilayah Kota Yogyakarta masa bakti 28 Februari 2021 sampai dengan 30 Juni 2021.

Beberapa peserta perwakilan anggota RAPI dari Kecamatan se-Kota Yogyakarta dalam Musyawarah Luar Biasa RAPI Kota Yogyakarta Tahun 2021. (Bambang Darmadi/ Bernasnews.com)

Hal tersebut, disebabkan karena Pengurus RAPI Kota Yogyakarta masa bakti 2018-2022 tidak dapat menjalankan roda organisassi kepengurusan. Karenakan ada sesuatu hal Ketua RAPI Kota Yogyakarta A. Suhartono (JZ12ATN)  ketua terpilih hasil Muskot ke-4 yang diselenggarakan bulan Maret 2018 mengundurkan diri dari jabatannya sehingga mengakibatkan  kevakuman.

Sementara H. Wisnu Windarto, ST, MT (JZ12PU) selaku Ketua Sementara RAPI Wilayah Kota Yogyakarta menjelaskan, organisasi RAPI merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang tidak memihak kepada kepentingan salah satu golongan atau partai politik. Juga mempunyai peran sosial kemasyarakatan yang sangat besar, terutama dalam membantu pemerintah maupun masyarakat dalam Bantuan Komunikasi (Bankom), seperti Bankom Arus Mudik Lebaran, Bankom Natal dan Tahun Baru.

“Terlebih lagi dalam Bankom  penanggulangan Bencana Alam ketika alat komunikasi seperti telpon seluler tidak berfungsi karena pengaruh bencana alam. Maka satu – satunya alat yang berfungsi adalah handy talkie (HT),” ujar Wisnu Windarto.

Disinilah peran RAPI sangat besar dan dibutuhkan, lanjut Wisnu, sebagai wadah resmi pengguna Komunikasi Radio Antar Penduduk membantu pemerintah dan masyarakat  dalam hal penyampaian berita. Dan tentunya berita yang disampaikan tersebut  bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Drs. Heroe Poerwadi, MA (kanan nomor 2) yang juga Wakil Walikota Yogyakarta sedang memimpin sidang formatur. (Bambang Darmadi/ Bernasnews.com)

Dengan diselenggarakannya MusAngLub ini diharapkan Wilayah RAPI Kota Yogyakarta dapat membentuk dan menyusun Kepengurusan definitif untuk masa bhakti tahun 2021-2025. “Merumuskan serta mengambil langkah-langkah kebijakan yang strategis guna mengantisipasi hambatan / kendala yang ada, guna meningkatkan peluang-peluang  pada potensi strategis yang dimilikinya, demi untuk mencapai tujuan organisasi sesuai Visi dan Misi RAPI,” ujarnya.

Pada bagian lain,  H. Sulaiman Suseno, ST.,MM (JZ12QL)  selaku Ketua RAPI Daerah DIY dalam pesannya mengungkapkan, kegiatan organisasi pasti ada pasang surutnya dalam menjalankan aktivitasnya. Kepengurusan Wilayah RAPI Kota Yogyakarta sebetulnya dapat menjadi percontohan yang lebih baik.

“Memang reformasi dalam organisasi membutuhkan penggunaan sumber daya manusia  yang unggul (jawa:mumpuni). Perkembangan komunikasi digital yang begitu cepat berubah dan sudah terjadi interkoneksi dengan wilayah-wilayah lain, maka kita membutuhkan proses penyesuaian yang cepat pula,” ungkap Sulaiman Suseno.

Usai pelantikan Pengurus Wilayah RAPI Kota Yogyakarta Periode 2021-2025 lakukan foto bersama. (Bambang Darmadi/ Bernasnews.com)

Diakhir pesannya Ketua RAPI Daerah DIY berharap, semoga melalui musyawarah luar biasa ini terbentuk pengurus yang solid dan tetap semangat melayani masyarakat, RAPI yang ada diwilayah DIY harus istimewa karena kita ada di Daerah Istimewa. Usai sambutan Ketua RAPI Wilayah DIY memukul gong tanda dibukanya kegiatan Musyawarah Anggota Luar Biasa Wilayah RAPI Kota Yogyakarta Adapaun pengurus hasil Musyawarah Anggota Luar Biasa RAPI Kota Yogyakarta periode 2021-2025  sebagai berikut;

DEWAN PEMBINA ORGANISASI (DPO)

  1. Walikota Yogyakarta
  2. Kodim 0734 Kota Yogyakarta
  3. Kapolres Yoyakarta
  4. Kepala Badan Kesbang Pol Kota Yogyakarta
  5. Kepala Balai Monitoring (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Yogyakarta

DEWAN PENGAWAS DAN PENASEHAT ORGANISASI (DPPO)

  1. Ketua               : Drs. Haryadi Suyuti (JZ12HS)
  2. Anggota           : Priyo Krismanto (JZ12AJH)
  3. Anggota           : Rudi Nuryanto (JZ12IB)
  4. Anggota           : Drs. AC. Riadi Susbandaru (JZ12BDR)
  5. Anggota           : Agus Yuwanto (JZ12BHP)

PENGURUS WILAYAH

  1. Ketua               : Drs. Heroe Poerwadi, MA (JZ12YHP)
  2. Wakil Ketua I   : Bambang Cahyono (JZ12BA)
  3. Wakil Ketua II  : H. Wisnu Windarto, ST.,MT (JZ12PU)
  4. Wakil Ketua III : Drs. Z. Bambang Darmadi, MM (JZ12FHD)
  5. Sekretaris        : Yoseph Agus Trisakti, ST (JZ12ANJ)
  6. Wakil Sekretaris : M. Uke Anggoro Widagdo (JZ12FYX)
  7. Bendahara         : H. Muh Karyadi (JZ12OT)
  8. Wakil Bendahara : Wresti Retno Diah Mahayati, SE (JZ12AIB)

BAGIAN  ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA

  1. Sapto Priyanto (JZ12FCX)
  2. Edi Haryono (JZ12UAF)
  3. Siti Sudarmi (JZ12FHN)
  4. Sudadi (JZ12PAB)
  5. Sabar Kismanto (JZ12FYC)

BAGIAN PENGABDIAN MASYARAKAT DAN KERJASAMA ANTAR LEMBAGA

  1. RM. Santoso Tri Irianta, SIP (JZ12FRM)
  2. Herdi Partono (JZ12FIE)
  3. Murni Astuti (JZ12FIO)
  4. Subiyarto (JZ12BSB)
  5. Alexsander Sugeng Waseso (JZ12FXO)

BAGIAN HUKUM, INOVASI ORGANISASI, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

  1. Dwi Kuswanta (JZ12PAE)
  2. Yopi Arliyanto Achmad (JZ12FXR)
  3. Y. Sulistyo Joko Indratmo (JZ12PAC)
  4. Styawan Sapta Nugraha (JZ12FHM)

Usai terbentuk Pengurus RAPI Wilayah Kota Yogyakarta periode 2021-2025 langsung dilakukan pelantikan oleh Ketua RAPI Daerah DIY, Ir. H. Sulaiman Suseso dan acara diakhiri dengan foto bersama. (Z. Bambang Darmadi / JZ12FHD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here