Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsWawali Yogya Berharap Wartawan Sajikan Berita yang Relevan untuk Jadi Pedoman

Wawali Yogya Berharap Wartawan Sajikan Berita yang Relevan untuk Jadi Pedoman

bernasnews.com — Wakil Waikota (Wawali) Yogyakarta Heroe Poerwadi berharap wartawan tetap menjadi pemberi informasi yang akurat untuk masyarakat. Informasi yang diterima masyarakat ini perlu dipastikan keakuratan dan ini menjadi perhatian bersama. Demikian disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam pembukaan kegiatan Karya Latih Wartawan/ Uji Kompetensi Wartawan.

Kegiatan Karya Latih Wartawan/ Uji Kompetensi Wartawan ini diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY, Sabtu 19 Maret 2022, di Gedung Aula PWI DIY, Jalan Gambiran, Umbulharjo, Yogyakarta, yang diikuti oleh 45 peserta wartawan baik dari media cetak maupun elektronik yang ada di DIY.

Seperti dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta, Wawali berharap wartawan bisa menyajikan berita-berita dan informasi yang relevan agar menjadi pedoman dan realita kenyataan yang ada di lingkungannya. “Saya berharap media massa dan wartawan membuat tradisi terhadap jurnalistiknya agar berita yang disajikan mendapat kepercayaan dari masyarakat,” kata Heroe Poerwadi, yang juga mantan wartawan.

Ketua PWI DIY Hudono menjelaskan, bahwa kegiatan Karya Latih Wartawan ini untuk melatih wartawan agar dalam pembuatan berita lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kita berikan materi mengenai kode etik jurnalistik dan undang-undang pers agar wartawan bisa memiliki pegangan atau panduan dalam membuat suatu berita. Sehingga kalaupun ada persoalan mereka bisa memanfaatkan Undang-Undang Pers tersebut,” kata dia.

“Tujuan kegiatan ini agar peserta yang ikut dapat beradaptasi dan berkembang. Maka tujuan yang akan dicapai adalah menambah pengetahuan serta keterampilan para peserta tentang aturan jurnalistik,” imbuh Hudono.

Menurut dia, kegiatan ini penting sebagai bekal kepada teman-teman wartawan. “Secara rutin kegiatan ini kita laksanakan, memang berfokus pada teman-teman yang belum bergabung di organisasi pers, dengan tujuan meningkatkan kualitas wartawan agar masyarakat menerima informasi dengan benar dan akurat,” terang Ketua PWI DIY Hudono. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments