Home News Waspadai Dampak Hujan Lebat di DIY

Waspadai Dampak Hujan Lebat di DIY

38
0
BMKG. Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM – BMKG DIY Stasiun Meterologi Yogyakarta kembali mengeluarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di DIY yang berlaku mulai Sabtu, 20 November 2021 Pukul 07.00 WIB sampai dengan Minggu 21 November 2021 pukul 07.00 WIB.

Menurut siaran pers BMKG DIY Stasiun Meterologi Yogyakarta yang diterima Bernasnews.com pada Sabtu pagi, dampak yang terjadi berupa jalanan basah, licin atau jarak pandang berkurang. Kemudian, gangguan skala kecil dan jangka pendek pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas.

Selain itu,gangguan skala kecil dan jangka pendek pada operasional sekolah dan rumah sakit. Kemudian, terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil, genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala kecil, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala kecil.

Selain itu, banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman dan aliran banjir mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala kecil.

Daerah yang terkena dampak tersebut merata di DIY. Untuk Kabupaten Bantul terjadi di Kapanewon Pleret, Jetis, Sewon, Bantul, Kasihan, Banguntapan, Sedayu, Pajangan. Di Kota Yogyakarta terjdi di Kemantren Umbulharjo, Kotagede, Mergangsan, Pakualaman, Gondokusuman, Danurejan, Gondomanan, Kraton, Gedong Tengen, Ngampilan, Wirobrajan, Mantrijeron, Tegalrejo, Jetis.

Sementara di Kabupaten Sleman terjadi di Kapanewon Moyudan, Minggir, Seyegan, Godean, Tempel, Gamping, Depok, Mlati, Ngaglik, Sleman, Turi, Pakem, Cangkringan. Untuk Kabupaten Kulon Progo terjadi di Kapanewon Temon, Kokap, Pengasih, Samigaluh, Girimulyo, Nanggulan, Kalibawang. Sementara di Kabupaten Gunungkidul terjadi di Kapanewon Semin, Ponjong, Karangmojo, Ngawen, Nglipar, Wonosari, Semanu, Girisubo dn Rongkop.

Karena itu, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan waspada, berbagi/bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Selain itu, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial dan mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here