Home News Warung Gratis Pereng Dawe Bentuk Kepedulian bagi Sesama

Warung Gratis Pereng Dawe Bentuk Kepedulian bagi Sesama

642
0
Lapak Warung Gratis,Padukuhan Pereng Dawe, Balecatur, Gamping, Sleman merupakan inisiatif kreatif seorang warga guna menumbuhkan kepedulian kepada sesama. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Menghadapi situasi ekonomi yang sulit akibat dampak pandemi Covid-19 ini, Johan warga Padukuhan Pereng Dawe, Balecatur, Gamping, Sleman berinisiatif dengan kreatif membuat Warung Gratis sebagai bentuk kepedulian bagi sesama. Lapak Warung Gratis tersebut menyediakan bahan makanan pokok dan siapa pun boleh mengambilnya atau menaruhnya, seperti, beras, sayuran dan lauk pauk.

Seorang warga Balecatur, Gamping, Sleman sedang memasang paket bantuan sembako di lapak Warung Gratis, Rabu (1/7/2020). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

Jumlah tidak seberapa tapi itu sangat membantu sekali bagi masyarakat yang sangat membutuhkan. Berdasar pengamatan rata-rata sehari antara 7 sampai 15 paket, ditaruh di tas kresek dan dicantelkan di lapak itu. Biasanya disediakan  mulai jam 06:00 WIB pagi, tidak sampai siang sudah habis.

“Ide seperti ini muncul tatkala saya melihat masyarakat sekitar yang kesulitan secara ekonomi, agak susah mencari makan sehari-hari bagi mereka. Semoga dengan adanya warung gratis ini bisa sedikit membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Johan, Kamis (2/7/2020).

Warga yang membutuhkan tinggal memilih satu paket bantuan sesuai yang diinginkan. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Kegiatan ini memang belum lama baru kurang lebih sebulan dan tempatnya di Padukuhan Pereng Dawe yang  letaknya di pinggir jalan menuju  banyak komplek perumahan juga ke padukuhan lain. Aksesnya mudah untuk menaruh dan mengambil barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut Johan, masa pandemi ini sangat berpengaruh sekali  bagi masyarakat, yang tadinya berkerja sekarang menjadi tidak kerja karena terjadi PHK  ataupun dikurangi kerjaannya sehingga penghasilan pun juga berkurang. Dengan Warung Gratis ini bisa sedikit mengurangi pengeluaran atau beban mereka.

“Saya sangat berharap bagi  warga masyarakat yang mempunyai rejeki berlebih silahkan membantu dengan menaruh apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang belum beruntung yang membutuhkan. Sementara ini masih berupa sembako dan lauk pauknya, “ tambah Johan. (nun/ ted)

Catatan Redaksi: Terjadi perubahan materi foto di dalam badan berita. Mohon maaf atas tidak kenyamanan pemuatan foto sebelumnya. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here