Home News Warga Randubelang Rintis Dusun Wisata Pot Hias Daur Ulang

Warga Randubelang Rintis Dusun Wisata Pot Hias Daur Ulang

461
0
Warga Dusunn Randubelang, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul foto bersama di sela-sela lomba Kreasi Pot Hias dari barang bekas, Minggu (22/11/2020) pagi. Lomba diikuti warga8 RT, dari RT 1 sampai dengan RT 8 Randubelang. Foto : Agus Susanto

BERNASNEWS.COM – Untuk mengasah kreativitas sekaligus memperat silaturahmi dan komunikasi di masa pandemi Covid-19, warga Dusun Randubelang, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul mengikuti lomba Kreasi Pot Hias dari barang bekas, Minggu (22/11/2020) pagi. Lomba diikuti warga8 RT, dari RT 1 sampai dengan RT 8 Randubelang.

“Kegiatan kemasyarakatan ini disambut antusias. Tiap RT rata-rata menampilkan 15-30 pot kreasi/hias dan membuat dusun terlihat indah dan asri,” ucap Kadus Randubelang Febri Lestanto M.Kom di sela penilaian lomba, Minggu (22/11/2020).

Dikatakan, untuk mengurangi kejenuhan selama pandemi Covid-19, banyak warga Randubelang melakukan kegiatan positif bertanam. Dan sebulan lalu mendapat pelatihan membuat kreasi pot hias dari barang bekas.

“Kami memanfaatkan ember bekas, anduk bekas, gendeng dan lainnya. Kami olah dengan semen dan cat warna warni hingga menarik,” ungkap Febri.

Pot hias dari barang bekas hasil kreasi warga Dusunn Randubelang, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul jadi obyek wisata, Minggu (22/11/2020) pagi. Foto : Agus Susanto

Lomba yang menyediakan hadiah utama 2 ekor kambing, ayam dan lainnya itu disambut antusias warga. Rumah warga, dengan aliran irigasi yang melintas dusun terlihat indah dengan pohon-pohon hias termasuk juga pohon tanaman obat di pot-pot hias.

“Kami ingin merintis dusun wisata pot daur ulang. Tetap berkarya di tengah pandemi dengan prokes Covid-19,” tutur mantan Dosen Komputer di PTS Yogya ini.

Penilaian lomba dilakukan JPSM (Jaringan Pengelola Sampah Mandiri) Kabupaten Bantul. “Warga Randubelang juga siap berbagi pengetahuan/ketrampilan dalam kreasi pot,” ujarnya.

Selanjutnya dalam penilaian juri yang berdasar kreativitas, kerapian dan kualitas kreasi pot hias ini berturut-turut juara dari nilai tertinggi RT 8, RT 6, RT 2, RT 5, RT 7, RT 3, RT 1, RT 4. (Agus Susanto, penulis lepas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here