Home News Warga Pucanganom Gelar Budaya Merti Kali dan Bersihkan Sungai Dolo

Warga Pucanganom Gelar Budaya Merti Kali dan Bersihkan Sungai Dolo

220
0
Kegiatan kerja bakti bersih Sungai Dolo yang dilakukan warga Pucanganom dan Sempu tahun 2019. Kegiatan yang sama akan dilakukan Minggu (13/9/2020). Foto: AG.Irawan

BERNASNEWS.COM – Warga Pedukuhan Pucanganom, Kelurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman,siap mengadakan giat kerja bakti bersih di sepanjang Sungai Dolo, Minggu (13/9/2020) pagi mulai pukul 07.00 hingga 12.00.

Sungai Dolo yang berada tepat di batas wilayah antara Pedukuhan Pucanganom dan Pedukuhan Sempu tersebut memiliki sejumlah titik mata air yang perlu dilestarikan, sehingga keberadaan aliran sungainya terus terjaga.

Hal itu disampaikan Hariyanto, Kepala Pedukuhan Pucanganom, saat menghelat rapat persiapan acara bersih sungai di rumahnya, Minggu lalu. “Setelah giat bersih sungai, pada hari berikutnya, yakni Kamis (17/9/2020) mulai pukul 15.00 hingga 17.30, kami adakan gelar budaya Merti Kali yang juga melibatkan seluruh warga setempat,” terangnya.

Menurut Hariyanto, agenda Merti Kali ini dilakukan guna mengajak seluruh elemen masyarakat kian peduli lingkungan khususnya kelestarian sungai dan keberadaan mata air. “Prosesi Merti Kali besok akan kami mulai dengan perarakan dari halaman pedukuhan ini hingga Sungai Dolo yang berjarak sekitar 300 meter. Kemudian di sungai, tepatnya di salah satu sendang akan kami adakan ritual budaya lokal untuk kelestarian alam,” paparnya.

Rapat persiapan kerja bakti membersihkan sungai dan Gelar Budaya Merti Kali Dolo, yang dihadiri warga setempat di rumah Kepala Pedukuhan Pucanganom, beberapa waktu lalu. (Foto: AG Irawan)

Ketua pelaksana acara FX Sri Rejeki menambahkan, acara budaya Merti Kali 2020 ini mengambil tema Ikut Menjaga Kelestarian Sungai yang Selaras dengan Kehidupan Semesta dan Menumbuhkan Nilai-nilai Tradisi Budaya Lokal. Seluruh rangkaian acara tersebut akan melibatkan partisipasi warga setempat serta mengundang sejumlah tokoh masyarakat.

“Karena ini masa pandemi Covid-19, secara prosedural akan kami mintakab ijin dulu kepada gugus tugas Covid-19. Juga jumlah tamu undangan akan kami batasi,” kata Sri Rejeki.

Secara terpisah Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Sleman Purwoko Sasmoyo ST MT menyambut baik acara bersih sungai yang dilakukan warga yang tempat tinggalnya berdampingan dengan sungai.

“Kami mengapresiasi gerakan yang tumbuh di masyarakat untuk ikut merawat mata air dan menjaga kebersihan sungai. Untuk saat ini, kami ingatkan, dalam acara yang melibatkan banyak orang, harus taati protokol kesehatan, yakni jaga jarak, pakai masker dan selalu cuci tangan pakai sabun atau jika di lapangan siap sedia hand sanitizer ,” kata Purwoko. (AG Irawan, penulis lepas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here