Home News Warga Karangmojo Antusias Mengikuti Upacara Bendera Peringatan HUT RI

Warga Karangmojo Antusias Mengikuti Upacara Bendera Peringatan HUT RI

718
0
Warga Dusun Karangmojoo, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman tetap semangat mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Lapangan Karangmojo, Sabtu (17/8/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Panas terik matahari yang menyengat tak menyurutkan niat dan semangat ratusan bahkan ribuan warga Dusun Karangmojo, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman untuk mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Lapangan Dusun Karangmojo, Sabtu (17/8/2019). Meski upacara baru dimulai pukul 09.00 WIB, namun warga sudah memadati lapangan sepakbola itu sejak awal.

Anak-anak, pria-wanita berbaur di lapangan berdebu itu untuk mengikuti upacara pengibaran bendera yang baru pertama kali diadakan di dusun tersebut. Meski di bawah panas terik matahari, namun tak seorang pun yang sakit karena kepanasan. Semua warga mengikuti upacara bendera yang berlangsung 20 menit dengan Inspektur Upacara (Irup) Ketua LPMD Suyatno.

Ketua LPMD Karangmojo Suyatno menjadi Inpesktur Upcara. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Ini sangat luar biasa. Warga sangat antusias mengikuti upacara bendera dna tak seorang pun yang jatuh pingsan karena kepanasan. Saya sangat salut kepada warga maupun penggeraknya sehingga banyak warga yang ikut upacara meski dalam cuaca yang panas,” kata Semiono, Kepala Desa Purwomartani, Kec Kalasan kepada Bernasnews.com usai upacara berlangsung.

Dan sebagai bentuk penghargaan atas antusiasme warga mengikuti upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI itu, Semiono secara spontan memberikan hadiah kejutan (doorprize) berupa uang tunai total sekitar Rp 2 juta, masing-masing Rp 500 ribu untuk dua peserta upacara tertua, pria dan wanita serta seorang peserta termuda. Selain itu, masing-masing Rp 100 ribu untuk peserta upacara yang paling semangat dan sebagainya.

Anak-anak Dusun Karangmojo antusias mengikuti upacara HUT RI, Sabtu (17/8/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Menurut Semiono, antusiasme masyarakat mengikuti upacara bendera menjadi embrio untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Dan yang paling penting juga adalah sebagai momen untuk merefleksikan diri, merenungkan diri dan mengevalusi diri apa yang kita perbuat untuk negara dan bangsa ini, termasuk apa yang kita buat untuk dirinya sendiri.

“Jadi, yang terbaik untuk negara, bangsa dan tidak lupa juga apa yang terbaik untuk diri kita sendiri demi negara dan bangsa. Dan saya bangga dengan warga Karangmojo yang begitu antusias mengikuti upacara ini. Selain karena semangat mereka juga karena penggeraknya (panitia) yang luar biasa,” kata Semiono.

Kades Purwomartani Semiono (kiri). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Ketua LPMD Karangmojo Sutatno yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam pidato singkat tak sampai satu menit itu mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Ia juga berterima kasih kepada warga maupun panitia yang telah berpartisipasi dan berkontribusi mengisi kemerdekaan demi bangsa dan negara.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan untuk menuju Indonesia unggul. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Dan mohon maaf tidak banyak yang kami sampaikan. Merdeka…Merdeka…Merdeka….Cukup, terima kasih,” kata Suyatno singkat yang disambut sebagian warga dengan ucapan “Alhamdulillah pidatonya singkat selak kepanasan”.

Inspektur Upacara Suyatno hormat bendera. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Meski upacara pengibaran bendera hanya berlangsung 20 menit mulai pukul 09.00 hingga pukul 09.20, namun warga tetap setia berada di lapangan upacara sambil berteduh dan tuduh lesehan menunggu undian hadiah kejutan (doorprize) yang cukup banyak.

Seorang warga Perumaahan Citra Ringin Mas Blok C Suratiman yang bersama sejumlah warga lain menunggu hingga undian terakhir beruntung mendapat hadiah utama berupa mesin cuci. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here