Home News Warga Berkerumun dan Tidak Pakai Masker akan Ditindak Tegas

Warga Berkerumun dan Tidak Pakai Masker akan Ditindak Tegas

486
0
Wakil Walikota Yogyakarta yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi MA. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Satpol PP dan Jogoboro serta Dinas Pariwisata DIY diinstrukskan untuk menindak tegas siapa pun yang kedapatan tidak memakai masker, berkerumun dan melanggar protokol Covid 19. Karena itu, masyarakat dihimbau agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita tidak boleh main-main untukmenjalankan protokol Covid-19. Masyarakat diimbau untuk disiplin menjalankannya. Dan siapa pun yang masuk Malioboro atau di tempat-tempat umum dan tidak mengenakan masker, berkerumun, tidak menjaga jarak harus ditindak tegas. Kalau pedagang segera ditutup. Jika pengunjung disuruh pulang saat itu juga, jika masih ngeyel ya di bisa saja nanti disuruh push up dan sebagainya,” kata Drs Heroe Poerwadi, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta yang juga Wakil Walikota Yogyakarta, kepada Bernasnews.com, Senin (8/6/2020).

Menurut Heroe Poerwadi, pesannya bukan sanksi yang harus keras tapi kita semua harus disiplin menjalankan proses penegakan protokol Covid-19 untuk menjalankan protokol Covid-19. Heroe Poerwadi mengaku Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sudah meminta dirinya dan Sekda DIY Baskara Aji untuk berkoordinasi membuat langkah bersama. Dan Sultan menyampaikan langkah-langkah yang perku diambil untuk mendisiplinkan warga yang keluar dari rumah.

(Baca juga : Sultan HB X Ancam Tutup Malioboro Bila Masyarakat Abaikan Protokol Covid-19)

“Tadi pagi sudah diinstruksikan kepada Satpol PP, Jogoboro dan Dinas Pariwisata untuk menindak tegas siapa pun yang kedapatan tidak memakai masker, berkerumun dan melanggar protokol Covid 19,” kata Heroe Poerwadi.

Dikatakan, upaya menata untuk membuat protokol baru dalam rangka menuju normal baru atau kondisi normal perlu langkah yang tegas dalam hal menjalankan prototip covid yang lebih ketat. Di sejumlah titik yang sering terjadi kerumunan akan ditempatkan petugas standby yang akan aktif memantau siapa pun yang tidak mengindahkan protokol Covid-19.

“Kita lakukan tindakan tegas agar proses transisi menuju normal baru atau kondisi normal itu jangan tersandung dengan kecerobohan kita semua dengan menganggap bahwa covid sudah berlalu atau tidak serius menjalankan protokol Covid-19. Sebab jika kita gagal dalam masa transisi ini, maka kita akan mengulang dar awal lagi. Dan kita pasti tidak ingin terjadi seperti itu,” kata Heroe.

Oleh karena itu seluruh warga di manapun berada di Kota Yogyakarta, persyaratan pertama adalah lengkapi diri dengan bahwa sehat, pakai masker, selalu cuci tangan dan bawa hand sanitizer, jaga jarak dan menciptakan bersama agar protokol Covid-19 bisa dijalankan secara penuh.

“Jadi yang perlu menjadi perhatian kita semua bahwa kondisi Jogja saat ini masih tanggap darurat dan mempersiapkan aturan-aturan baru atau protokol baru, agar ketika nanti kita memasuki new normal (yang saat ini kita belum tau kapan itu sudah bisa kita jalani,) kita betul-betul sudah siap,” kata mantan wartawan ini.

“Jadi saat ini semuanya agar memahami. Kita belum sepenuhnya aman. Masih ada ancaman sebaran Covid-19. Belum semua kasus sudah landai, masih ada beberapa kasus yang masih intensif ditangani. Dan kita mencegah agar tidak muncul sebaran baru dari klaster baru,” katanya.

Oleh karena itu, masyarakat diharapakan tetap disiplin menjalankan protokol Covid-19. “Meskipun kasus di kota landai, tetapi jika ceroboh kita bisa beresiko mengalami kemunduran waktu untuk menuju new normal. Sekali lagi, kita belum memasuki new normal. Kota masih menangani kasus, masih menyusun protokol baru, terus nanti masih ada uji coba. Masih ada penerapan terbatas, masih ada tahapan penerapan skala Kota Yogya, baru memasuki new normal. Jadi masih ada waktu yang kita semua harus menjaga agar sebaran Covid 19 betul-betul sudah landai dan terkendali. Jangan ceroboh, kita masih harus hati-hati dan menahan diri,” kata Heroe Poerwadi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here