Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsWali Kota Yogyakarta dan Dandim 0734 Canangkan Kampung Pancasila di Panembahan

Wali Kota Yogyakarta dan Dandim 0734 Canangkan Kampung Pancasila di Panembahan

bernasnews.com – Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mencanangkan Kampung Pancasila, Kamis, 7 April 2022, di Pendapa Mandira Loka Kelurahan Panembahan, Jalan Langenastran Lor, Kemantren Kraton, Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta, Kapolresta Yogyakarta, Mantri Pamong Praja dan Danramil, Kapolsek se-kota Yogyakarta, Lurah Panembahan, serta tokoh masyarakat di Kelurahan Panembahan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, bahwa Kampung Pancasila merupakan wahana untuk aktualisasi nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

”Salah satu hal yang sering muncul dimasyarakat adalah sikap adil, dimana ada masyarakat yang masih menganggap bahwa adil adalah sama rata,” kata Haryadi, seperti dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta.

Padahal adil, menurut Haryadi, adalah upaya menempatkan sesuatu yang sesuai dengan tempatnya. Banyak sedikit, lebih kurang dalam pemberian sesuatu dilakukan secara proporsional bukannya bagi rata.

Haryadi jua berharap agar dalam kampung Pancasila tercipta suasana kehidupan yang aman, damai, dan sejahtera dapat terwujud melalui semangat dalam membangun negeri

“Tidak ada konflik yang berkaitan dengan keadilan sosial. Semuanya adem ayem tentrem. Guyup rukun, gayeng, semua bersemangat membangun negeri,” kata dia.

Pihaknya mengimbau agar Mantri Pamong Praja beserta jajaran Forum Komunikaksi Pimpinan Kemantren bisa mengajak anak kos untuk bisa berbaur di masyarakat, dengan melakukan kegiatan kemasyarakatan. Misal, siskamling dan kerja bakti.

Sementara itu Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol. Inf. Arif Harianto mengungkapkan, pembentukan Kampung Pancasila dilakukan karena rasa prihatin atas menurunnya pemahaman Pancasila di masyarakat. Bahkan ada generasi muda yang sudah tidak hafal Pancasila.

“Kondisi tersebut sangat memprihatinkan sehingga Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurahman berinisiatif mengembangkan program kegiatan Kampung Pancasila, dengan menginstruksikan jajarannya agar membentuk Kampung Pancasila,” terang Letkol Arif.

Dikatakan, pencanangan Kampung Pancasila ini tidak hanya berhenti pada pencanangan semata namun bagaimana geliat kegiatannya bisa senantiasa menginspirasi warga dalam mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Saat ini telah dicanangkan kampung Pancasila di masing-masing Kemantren di Kota Yogyakarta dan diharapkan dapat berkembang ke kampung lainnya sehingga semua kampung di Kota Yogyakarta menjadi kampung Pancasila,” tandas Letkol Arif.

Dalam pencanangan Kampung Pancasila tersebut, juga dilakukan kunjungan keliling wilayah Kelurahan Panembahan, yang menyimpan banyak potensi wisata budaya.

Dalam kesempatan itu Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta yang didampingi Mantri Pamong Praja dan Kapolsek Kraton mencoba melakukan jemparingan, olah raga panahan tradisional di Sasana Langenastro, Langenastran. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments