Home Ekonomi Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY : Optimalisasi Peran Kominfo dalam Ekonomi...

Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY : Optimalisasi Peran Kominfo dalam Ekonomi Digital

125
0
Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY RB Dwi Wahyu Budiantoro. Foto : dwi suyono

BERNASNEWS.COM – Selama pandemi COVID-19, berbagai kegiatan tidak bisa lepas dari peran teknologi, khusunya teknologi komunikasi dan informasi, termasuk berbagai kegiatan dan program pemerintah bagi pengembangan UMKM. Karena itu, peran lembaga Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sangat penting dalam mengembangkan ekonomi digital.

Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY RB Dwi Wahyu Budiantoro di kompleks DPRD DIY, mengungkapkan, saat ini persoalan yang mengemuka adalah bahwa belum ada konsep matang dan terinegrasi terkait kebangkitan perekonomian berbasis digital. Pemerintah memang tengah menggiatkan hal tersebut dengan berbagai konsep pemasaran yang menempatkan sistem digital menjadi bagian penting di dalamnya, seperti Platform Sibakoel dan sebagainya.

“Namun, hal yang masih dirasakan kurang optimal adalah peran Dinas Kominfo yang memiliki basis dasar teknologi komunikasi,” ujarr politisi PDI Perjuangan ini.

Menurut Dwi Wahyu, koperasi dan perdagangan selama ini hanya sebagai pemakai atau pengguna semata. Karena itu, peran Kominfo harus menjadi sentral dalam mekanisme pola perdagangan tersebut.Artinya Kominfo harus mampu menjadi wadah besar dalam sistematika perdagangan berbasis digital , sehingga ekosistem yang dibangun dalam sistem digital akan menjadi sangat kuat, bukan malah membuat aplikasi sendiri-sendiri.

“Inilah yang harus dioptimalakan oleh Kominfo. Dan inilah yang masih terjadi dimana para pelaku ekonomi, terutama UMKM masih bergerak sendiri-sendiri,” kata Dwi Wahyu.

Menurut Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY ini, saat ini persaingan antar produk bahkan antar sistem perdaganagan berbasis digital semakin ketat dan terbuka, sehingga konsekwensi ekonomi pasar akan terjadi. Karena itu, mekanisme pasar yang berbasiskan kepercayaan konsumen akan berlangsung sengit, sehingga kelengkapan perizinan dan kesehatan serta berbagai hala yang terkait produk harus mampu menjangkau konsumen. “Inilah yang akan memberi keyakinan konsumen atas produk yang ditawarkan,” kata Dwi Wahyu. (dwi suyono, penulis lepas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here