Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsWakil Bupati Sleman: Dusun Karangmojo Bisa Menjadi Inspirasi dalam Melakukan Inovasi

Wakil Bupati Sleman: Dusun Karangmojo Bisa Menjadi Inspirasi dalam Melakukan Inovasi

bernasnews.com – Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE mengapresiasi kinerja Kepala Dusun Karangmojo Andy Rakhmat Santoso SE yang bersama-sama masyarakat memajukan Dusun Karangmojo melalui berbagai program dan inovasi.

Hal ini akan menjadi inspirasi bagi dusun-dusun lain di Kabupaten Sleman untuk melakukan hal yang sama untuk memajukan padusunan dengan menggerakkan dan memberdayakan potensi yang ada di masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilkukan Dusun Karangmojo. Dan saya akan sampaikan kepada dusun-dusun lain di Sleman mengenai apa yang dilakukan di Dusun Karangmojo,” kata Danang Maharsa SE, Wakil Bupati Sleman, dalam acara peresmian Paduka Arena Dusun Karangmojo di Lapangan Purwokerto Karangmojo, Desa Purwomatani, Kalasan, Sleman pada Sabtu 7 Mei 2022.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE (tengah) bersama Camat Kalasan Siswanto, Lurah Purwomartani Semiono, Kadus Karangmojo Andy Rakhmat Santoso dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Toto Hedi melakukan pemotongan pita tanda peresmian Paduka Arena di Lapangan Purwokerto Karangmojo pada Sabtu 7 Mei 2022. Foto: Philipus Jehamun/bernasnews.com

Menurut Danang Maharsa, bila semua dusun di Sleman melakukan hal yang sama seperti di Dusun Karangmojo maka dalam 5 tahun ke depan Sleman semakin maju.

Sejumlah program Dusun Karangmojo yang diapresiasi dan didukung Wakil Bupati Sleman adalah program pengembangan arena bermain untuk anak-anak dan sarana pengembangan kebudayaan. Program tersebut akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Dusun Karangmojo.

Selain itu, adanya semangat gotong-royong dan semangat kebersamaan warga dalam membangun dan memajukan padukuhan.

“Apapun masalah bisa diatasi bila masyarakat nyengkuyung bersama. Pak Dukuh punya konsep dan masyarakat mendukung dan melaksanakannya ini luar biasa,” kata Wakil Bupati Sleman.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE bersama Anggota DPRD DIY dan DPRD Sleman dari Fraksi PDIP, Camat Kalasan Siswanto (kedua dari kanan), Lurah Purwomartani Semiono, Kadus Karangmojo Andy Rakhmat Santoso (paling kanan) dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Toto Hedi duduk bersama pada acara peresmian Paduka Arena di Lapangan Purwokerto Karangmojo pada Sabtu 7 Mei 2022. Foto: Philipus Jehamun/bernasnews.com

Ia juga mengapresiasi upaya Dusun Karangmojo yang memfasilitasi pedagang kaki lima untuk berjualan di tepi lapangan guna membangkitkan kembali ekonomi masyarakat setelah 2 tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Totok Hedi Santoso yang hadir dalam acara tersebut. Dikatakan, pemanfaatan fasilitas dusun untuk kepentingan masyarakat banyak patut diapresiasi dan didukung.

Ia memberi contoh Lapangan Purwokerto yang lama tak berfungsi kini dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan produktif masyarakat. Dengan adanya Paduka Arena berupa Kantor Sekretariat Padukuhan, gedung serbaguna, sarana bermain untuk anak-anak, gedung PAUD/TK dan panggung terbuka di Lapangan Purwokerto yang mendorong mobilitas warga datang ke lapangan tersebut. Sehingga akan menghidupkan ekonomi warga yang berjualan di tempat itu.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE (kiri) memotong tumpeng disaksikan Camat Kalasan Siswanto, Lurah Purwomartani Semiono, Kadus Karangmojo Andy Rakhmat Santoso dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Toto Hedi menandai peresmian Paduka Arena di Lapangan Purwokerto Karangmojo pada Sabtu 7 Mei 2022. Foto: Philipus Jehamun/bernasnews.com

Lurah Desa Purwomartani Semiono juga mengapresiasi apa yang dilakukan Kepala Dusun Karangmojo Andy Rakhmat Santoso. Ia membei contoh, Kepala Dusun Karangmojo menghibahkan tanah plunggoh yang menjadi haknya untuk dikelola masyarakat dan demi kepentingan masyarakat itu sendiri.

Selain itu, Padukuhan Karangmojo banyak melakukan inovasi untuk memberdayakan masyarakat dan mengembangkan usaha demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Kepala Dusun Karangmojo Andy Rakhmat Santoso mengakui semua tanah plungguh yang menjadi haknya diserahkan kepada warga untuk dekolala dan hasil untuk warga itu sendiri.

Ia memberi contoh, ada tanah plungguh yang diserahkan kepada pemuda Karang Taruna, ada juga yang dikelola ibu-ibu untuk membuat produk jamu Paduka dan ada tanah plungguh yang disewa pengusaha dan uangnya digunakan untuk membangun gedung serbaguna.

Andy pun sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Padukuhan Karangmojo yang telah bekerjasama dan mendukung semua program dan konsep yang dibuatnya untuk memajukan Dusun Karangmojo.

Acara peresmian Paduka Arena itu selain dihadiri Wakil Bupati Sleman, juga dihadiri Anggota DPRD DIY dan DPRD Sleman dari Fraksi PDI Perjuangan, Panewu/Camat Kalasan Siswanto, Lurah Purwomartani Semiono, Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Toto Hedi Santoso dan para tokoh masyarakat. (phj)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments