Home Pariwisata Wajah Kerahiman Destinasi Wisata Religi Bantul yang Instagramable

Wajah Kerahiman Destinasi Wisata Religi Bantul yang Instagramable

1088
0
Wajah Kerahiman Yesus, karya Hardo Wardoyo Suwarto seniman pematung asal Bantul, di Halaman Gereja St. Yakobus Alfeus Pajangan, di Jalan Pajangan - Sedayu, Dusun Kamijoro RT 05, Desa Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY, diabadikan, Sabtu (19/12/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Bingung isi liburan Natal dan Tahun Baru 2021, bagi umat Katolik khususnya bisa giat wisata religi dengan touring atau gowes tipis-tipis menuju Gereja St. Yakobus Alfeus Pajangan, di Jalan Pajangan – Sedayu, Dusun Kamijoro RT 05, Desa Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY.

Di halaman Gereja St. Yakobus Alfeus Pajangan, Bantul ini berdiri kokoh patung jumbo “Wajah Kerahiman Yesus”, ketinggian lebih kurang 5 meter. Patung fenomenal itu diresmikan, tanggal 2 Oktober 2016, oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dan diberkati oleh Pastor Paroki St. Yakobus Bantul Romo FX. Suhanto, Pr. Patung yang ikonik dan instagramabel dikarenakan banyak yang berswafoto usai berdoa.

Suasana Taman Doa Gereja St. Yakobus Alfeus Pajangan Bantul, tepat di atas tebing Sungai Progo, sisi timur. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Patung Wajah Kerahiman Yesus tersebut adalah karya Hardo Wardoyo Suwarto seniman pematung asal Bantul, patung tersebut merupakan bentuk master atau semacam cetakan sementara yang asli hasil dari master itu dikirim ke luar negeri, ke negara pemesan.

“Patung Wajah Kerahiman Yesus merupakan tambahan fasilitas dari Gereja St. Yakobus Alfeus Pajangan sebagai tempat doa bagi umat Katolik. Juga dalam rangka menandai penetapan Tahun 2015 – 2016 sebagai Tahun Kerahiman oleh Sri Paus Fransiskus,” terang Gomarus Heru Sutrisno, SIP selaku Ketua Lingkungan setempat.

Patung Yesus paska penyaliban sebagai penghias taman yang ada di halaman Gereja St. Yakobus Alfeus Pajangan Bantul. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Selain itu, umat juga dapat melakukan doa di taman doa yang terletak di belakang patung dan tepat di atas tebing Sungai Progo yang mengalir di bawahnya. Berhiaskan patung Bunda Maria, suara gemercik air sungai, semilirnya angin dan heningnya menambah khusuknya doa kepada Tuhan.

Kapenewon Pajangan, Bantul selain mempunyai destinasi wisata religi, cukup kaya destinasi wisata alam, seperti Gua Selarong yang bersejarah peninggalan Pangeran Diponegoro, Telaga Ngembel, serta pemandangan perbukitan. Satu lagi penambah semangat Kapanewon Pajangan merupakan sentra wisata kuliner ayam ingkung, serta ada Desa Wisata Kerebet, desa kerajinan batik kayu. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here