Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaWabup Sleman: Wayang Sebagai Tontonan Juga Tuntunan Hidup

Wabup Sleman: Wayang Sebagai Tontonan Juga Tuntunan Hidup

bernasnews.com – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Festival Dalang Anak dan Remaja, tanggal 25 – 28 Mei 2022, bertempat di Gedung Kesenian Sleman. Pembukaan kegiatan tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Rabu (25/5/2022), dengan dihadiri oleh Ketua DPRD, Kepala Dinas Kebudayaan, Ketua Komisi D DPRD, Panewu, dan Kapolsek.

Wakil Bupati Danang Maharsa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Festival Dalang Anak dan Remaja 2022. Menurut dia, kehadiran acara ini dinilai sebagai kesempatan emas untuk menggali potensi dalang anak dan remaja di Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya menyampaikan pidato sambutan. (Foto: Istimewa)

“Wayang menjadi kesenian adiluhung yang harus dilestarikan. Sehingga, diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk melestarikan wayang kepada generasi penerus. Selain itu, wayang memiliki peran besar sebagai tuntunan hidup yang menyimpan nilai-nilai kebaikan kehidupan,” ungkap Danang.

Dikatakan, wayang tidak hanya berupa tontonan tapi juga menjadi tuntunan.  Sehingga, kandungan nilai-nilai kebaikan yang ada di dalamnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Dari cerita di dalamnya, ada begitu banyak pesan yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang bisa memberikan banyak manfaat untuk generasi penerus,” terang Danang.

Orang nomor dua di Pemkab Sleman itu juga mengingatkan, bahwa untuk mendukung potensi anak-anak mendalang, orang tua agar selalu memberikan dukungan dan motivasi secara terus menerus.

Seorang anak peserta Festival Dalang Anak dan Remaja Kabupaten Sleman saat mendalang melakonkan sebuah cerita dari serial Bharata Yuda. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Edy Winarya mengutarakan, bahwa Festival Dalang Anak dan Remaja dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pedalangan Sleman, khususnya dari usia dini.

“Festival Dalang Anak dan Remaja, merupakan bagian dari program kerja Dinas Kebudayaan (Kandha Kabudayan) Kabupaten Sleman,” jelas dia.

Kegiatan ini, imbuh Edy, sebagai media pembinaan kepada seniman serta pendorong pedalangan Sleman usia dini yang berbakat. Selain itu, festival ini juga menjadi wadah untuk mencari bibit unggul pedalangan di Kabupaten Sleman.

Festival Dalang Anak dan Remaja Kabupaten Sleman 2022, dikuti 17 peserta dalang anak dan 17 peserta dalang remaja yang akan berlomba. “Pelaksanaan pada tahun ini, penonton tidak dilibatkan secara langsung di lokasi, namun masyarakat bisa tetap menikmati acara melalui kanal YouTube Kundha Kabudayan Sleman,” tandas Edy. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments