Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsWabup Sleman Pantau Pelaksanaan Pemilihan Lurah E-Voting di Kalurahan Selomartani dan Sumberarum

Wabup Sleman Pantau Pelaksanaan Pemilihan Lurah E-Voting di Kalurahan Selomartani dan Sumberarum

BERNASNEWS.COM — Kalurahan Selomartani, Kapanewon Kalasan dan Kalurahan Sumberarum, Kapanewom Moyudan gelar Pemilihan Lurah (Pilurah) secara E-Voting, Minggu (12/12/2021). Dua kalurahan ini masuk pada penyelenggaraan Gelombang Kedua Pilurah E-Voting Kabupaten Sleman tahun 2021, setelah sebelumnya telah dilaksanakan Pilurah E-Voting serentak gelombang pertama di 33 kalurahan.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Budiharjo mengatakan, persiapan pelaksanaan Pilur secara E-Voting untuk kedua kalurahan tersebut sebenarnya sudah disiapkan jauh hari hingga akhirnya keluar putusan MK yang membatasi calon lurah hanya tiga periode.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat meninjau pelaksanaan Pilurah E-Voting di TPS 01 Karanganjir, Sumberarum, Moyudan, Minggu (12/12/2021). Foto: Kiriman Humas Sleman.

“Keputusan MK tersebut berdampak pada penundaan pelaksanaan Pilurah untuk kedua kalurahan tersebut karena hanya memiliki calon tunggal setelah calon lainnya terganjal keputusan MK,” terang Budiharjo saat mendampingi Wabup Sleman melakukan pantauan pelaksanaan Pilurah E-Voting di TPS 01 Karanganjir, Sumberarum, Moyudan.

Dikatakan, Pemkab Sleman pun membuka kembali tahapan pendaftaran bagi masyarakat sebagai calon lurah untuk kedua kalurahan tersebut, dan Pilurah E-Voting untuk kedua kalurahan ini sudah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Sleman Nomor 63/Kep.KDH/A/2021.

Lanjut Budiharjo, adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kalurahan Sumberarum yaitu sebanyak 5.388 dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 16 TPS. Sedangkan untuk Kalurahan Selomartani sebanyak 9.591 DPT yang dilaksanakan di 25 TPS. “Untuk jumlah calon lurah, kedua kalurahan ini masing-masing memiliki lima calon,” ujarnya.

Wakil Bupati Danang Maharsa memantau langsung pelaksanaan Pilurah E-Voting di sebuah bilik suara. (Foto: Kiriman Humas Sleman)

Sementara itu Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang memimpin pemantauan Pilurah E-Voting bersama Kapolres Sleman di dua kalurahan tersebut menjelaskan, bahwa proses persiapan hingga pelaksanaan Pilurah E-Voting dari awal hingga akhir berjalan lancar.

“Pelaksanaannya sesuai dengan tahapan, secara keseluruhan tidak ada permasalahan baik kamtibmas, protokol kesehatan dan lain sebagainya berjalan dengan tertib,” kata Danang Maharsa.

Pihaknya berpesan pada calon lurah terpilih maupun tidak terpilih untuk tetap menciptakan kondusifitas di masyarakat. Terlebih bagi calon lurah terpilih untuk dapat bekerja semaksimal mungkin mengemban amanah membantu mensukseskan program pemerintah.

”Saya berharap baik lurah terpilih maupun yang tidak terpilih nantinya tetap bersama-sama dapat bergandengan tangan nyengkuyung program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat,” tandasnya. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments