Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsViral Kuda Andong di Malioboro Kehujanan hingga Undang Simpati Netizen

Viral Kuda Andong di Malioboro Kehujanan hingga Undang Simpati Netizen

bernasnews.com – Media sosial baru-baru ini diramaikan dengan unggahan kuda andong di Malioboro kehujanan. Dalam video yang beredar di media sosial, tampak kuda berwarna putih tersebut bersama dengan kereta andong berada di bawah guyuran hujan.

Keadaan kuda kehujanan di Malioboro tersebut mengundang berbagai reaksi netizen. Tak sedikit netizen yang mengkritik kuda yang dibiarkan kehujanan dan ada pula yang mendesak pihak terkait seperti Pemda untuk memberikan tempat berteduh bagi andong.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Paguyuban Kusir Andong, Purwanto mengatakan bahwa kondisi kuda terparkir kehujanan di Malioboro adalah hal yang biasa. Menurutnya respons akan kuda kehujanan tersebut terlalu berlebihan.

“Itu orang yang nggak seneng aja jadi digede-gedein. Biasa dari pencinta yang nggak pernah pelihara apa-apa,” kata Purwanto saat dihubungi pada Jumat (25/3/2022).

“Itu terlalu berlebihan (komentar netizen). Kalau di hutan itu malah kudanya biasa saja (kehujanan), apa mereka pakai payung? Kan tidak. Itu berlebihan saja, padahal biasa,” imbuh dia.

Ia menandaskan bahwa kusir ataupun pemilik kuda biasanya sudah memiliki trik khusus untuk merawat kuda usai kehujanan. Purwanto berujar jika kuda yang kehujanan biasanya akan dimandikan dengan air hangat dan serai serta setelahnya diberi jamu.

“Kalau kuda kehujanan itu pasti kita mandikan dan kita kasih jamu, kita mandikan dengan air hangat dan sere jadi hangat kembali,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti mengatakan bahwa permasalahan kuda andong kehujanan itu serta merta bisa langsung disikapi dengan membuat atap seperti permintaan netizen. Apalagi kejadian kuda kehujanan tersebut bukan kali ini saja.

“Kita kan juga nggak ngurusin semua, kalau di Malioboro kan sudah ada celukan, masa ya kita atapin semua nanti ya bentuknya jadi lucu. Sekarang kalau setiap persoalan kecil (jadi masalah) ya nggak gitu. Dulu-dulu kehujanan kan juga nggak masalah,” kata Made saat dihubungi.

Dia menandaskan bahwa pengadaan tempat khusus bagi parkir andong yang terlindung dari hujan saat ini tidak dimungkinkan. Hal tersebut terjadi lantaran keterbatasan lahan.

“Itu (tempat parkir andong) semua sudah diatur, sudah didesain dan di rencanakan. Untuk kawasan Malioboro andong sudah ada lokasi parkir, kalau kita mau cari space parkir lain dekat situ, kita nggak punya tempat. Wong parkir kendaraan bermotor aja kami sulit apalagi andong,” katanya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments