Home News Varian Omicron Terdeteksi, Presiden Jokowi: Jangan Panik tapi Tetap Waspada

Varian Omicron Terdeteksi, Presiden Jokowi: Jangan Panik tapi Tetap Waspada

61
0
Presiden Joko Widodo. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Meski varian Omicron Covid-19 sudah terdeteksi di Indonesia namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada. Sebab sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama mereka yang sudah divaksin dosis kedua.

Karena itu, Presiden Jokowi meminta masyarakat yang belum divaksin untuk segera vaksin, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Hal ini dimaksudkan agar varian baru tersebut tidak meluas di Tanah Air.

“Selamat sore. Covid-19 varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Indonesia. Dan ini tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya yang sangat cepat. Apa yang harus kita lakukan agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air? Patuhi protokol kesehatan dan segera divaksin,” kata Presiden Jokowi dikutip Bernasnews.com di akun twitternya @jokowi yang diunggah pada Kamis, 16 Desember 2021.

https://twitter.com/jokowi/status/1471432347593547776?s=20

Dalam video yang diunggah di akun twitter @jokowi, Presiden Jokowi mengatakan bahwa karena penularan varian Omicron yang cepat maka yang harus kita lakukan adalah berupaya mencegah penularannya dengan sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa varion Omicron sudah terdeteksi dimana seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet diketahui terkonfirmasi positif varian baru Omicron. Namun, saat ini kondisinya sudah negatif dan sudah sehat kembali.

Menurut Presiden Jokowi, masyarakat tidak perlu panik dengan adanya varian baru tersebut namun tetap waspada dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan, wajib memakai masker dan segera mengikuti vaksinasi. Dengan cara itu, penularan atau penyebaran varian baru Omicron bisa dicegah dan tidak meluas.

Presiden Jokowi juga meminta para kepala daerah untuk meningkatkan kewaspadaan dan mencegah penularan varian baru Omicron dengan memperketat pengawasan dan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan.

Dengan demikian, kondisi Indonesia yang saat ini sudah membaik dengan angka kasus yang sangat kecil bisa segera normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Kita pertahankan kondisi Indonesia yang sudah baik dengan angka kasus yang kecil. Jangan sampai kembali melonjak, yang penting kita tetap waspada tapi jangan panik. Apalagi sejauh ini varian baru Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien terutama mereka yang sudah divaksin dosis kedua,” kata Presiden Jokowi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here