Home News Vaksinasi Tahap Ketiga, Sebagai Booster Antibodi Nakes dalam Pelayanan Pasien Covid

Vaksinasi Tahap Ketiga, Sebagai Booster Antibodi Nakes dalam Pelayanan Pasien Covid

186
0
RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menyelenggarakan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes), Sabtu (31/7/2021). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta menyelenggarakan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes), Sabtu (31/7/2021), di Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta. Untuk tahap pertama sasaran vaksinasi pada 4.222 nakes dan civitas hospitalia, dengan pelaksanaan tiga hari hingga Senin (2/8/2021).

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dr. Erniati, MSc, SpKJ, MMR menjelaskan, bahwa vaksinasi dosis ketiga ini menggunakan vaksin Moderna. Harapannya, dengan dilakukan vaksinasi tahap ketiga ini akan terbentuk antibodi yang ada dalam tubuh nakes semakin meningkat. Karena tenaga kesehatan berada dalam zona layanan Covid-19 harus mendapatkan imunitas lebih kuat agar mampu melayani masyarakat.

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dr. Erniati, MSc, SpKJ, MMR berkesempatan mengikuti vaksinasi tahap tiga. (Foto: Istimewa)

“Untuk vaksinasi tahap ketiga ini tentu harus melalui vaksin tahap pertama dan kedua, baru diberi yang ketiga ini. Ditargetkan semua sudah divaksin sampai Senin (2/8),” terang dr. Erniati di sela-sela kegiatan, di Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Dikatakan, pemberian vaksin ketiga bagi nakes penting untuk dilakukan karena mereka berada di garda terdepan zona pelayanan Covid-19. “Penerima vaksin itu meliputi, tenaga dokter spesialis, dokter sub spesialis, umum, perawat hingga nakes penunjang lainnya,” papar dr. Erniati.

Sementara untuk vaksinasi tahap ketiga ini, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mendapat 250 vial vaksin di mana satu vial vaksin Moderna bisa diberikan kepada 15 orang dan dilakukan penyuntikan cukup satu kali saja. “Mereka jadi prioritas sebab mereka paling berisiko terpapar selama sekian jam bersama pasien Covid-19,” ujarnya.

Seorang tenaga kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta saat mendapatkan vaksin tahap tiga berupa vaksin Moderna sebagai booster antibodi. (Foto: Istimewa)

Dalam sambutannya, Direktur Umum RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menambahkan, bahwa dalam waktu yang bersamaan pihaknya bersama RS DKT, FKKMK UGM, dan Dinas Kesehatan melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat umum, Civitas UGM, dan untuk mahasiswa dengan sistem drive thru melalui pendaftaran online, di Graha Saba, Kampus UGM Yogyakarta.

Sementara itu, Konsultan Alergi Immunologi Klinik dr. Deshinta Putri Mulya, MSc, SpPDKAI(K) dari Sub Alergi Immunologi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menambahkan, bahwa vaksinasi tahap ketiga ini diperlukan karena nakes butuh bosster. Nakes yang telah divaksin menggunakan vaksin Sinovac pada Januari – Februari 2021 lalu perlu dibangkitkan kembali agar lebih kuat dengan bosster vaksin ketiga ini.

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dr. Erniati, MSc, SpKJ, MMR (kiri) foto bersma tenaga kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta usai melakukan vaksinasi tahap tiga. (Foto: Istimewa)

“Dari hasil penelitian, antibodi seseorang yang sudah divaksin Sinovac akan menurun setelah 6 bulan. Sehingga khusus nakes yang setiap hari bersinggungan dengan pasien Covid-19 harus diperkuat lagi antibodinya,” tegas dr. Deshinta.

Dikatakan, bahwa vaksin Moderna menjadi pilihan karena memiliki kelebihan-kelebihan, vaksin ini memiliki bahan dasar yang berbeda dengan vaksin Sinovac. “Moderna ini berbasis mRna Corona, keunggulannya akan memicu memicu respon seluler yang lebih baik. Dengan efeksikasi atau kemanjuran vaksin mencapai 80 persen sampai 95 persen,” pungkas dr. Deshinta. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here