Home News USMAN Karya Mahasiswa Universitas AMIKOM Juara 1 IOT Makers Creation 2020

USMAN Karya Mahasiswa Universitas AMIKOM Juara 1 IOT Makers Creation 2020

336
0
Tanda kejuaraan yang diraih oleh Tim USMAN dari Universitas AMIKOM Yogyakarta. (Foto: Repro)

BERNASNEWS.COM — USMAN (UVC Sterilizer Lantai Masjid yang Aman) Karya Mahasiswa-mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta, berhasil menjadi Juara 1 pada kompetisi IOT Makers Creation 2020 yang diadakan oleh Kemenkominfo, Asosiasi IoT Indonesia dan ekosistem telekomunikasi di Indonesia.

IoT Makers Creations 2020 merupakan kompetisi yang mencari talenta-talenta teknologi pencipta solusi IoT untuk membantu mengatasi permasalahan. Dalam gelaran di tahun 2020 ini, Inovasi dan Solusi IoT yang dicari adalah yang dapat diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah masyarakat atau meningkatkan ketahanan masyarakat dan dunia usaha di tengah pandemi Covid-19 ini.

Sementara USMAN (UVC Sterilizer Lantai Masjid yang Aman) sendiri merupakan inovasi yang dikembangkan oleh 4 Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, yaitu, Elik Hari Muktafin (Mahasiswa MTI), Qolbun Salim As Shidiqi (Mahasiswa MTI), Bimo Ari Wibowo (Mahasiswa S1 TI), Muhammad Ainur Rozikin (Alumni S1 TI). Inovasi ini merupakan solusi agar kondisi lantai masjid tetap bersih tanpa harus mengosongkan masjid untuk penyemprotan desinfektan. Alat ini dapat bekerja aman sepanjang hari dan diperlukan untuk menjaga kondisi lantai karena orang salat ada gerakan sujud.

Aprilkasi USMA karya Mahasiswa Univetsitas AMIKOM, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Pengumuman pemenang IOT Makers Creation 2020 diumumkan bersamaan dengan Webinar IoT for Resilience in The Face of Pandemics dari Jakarta, Rabu (30/09/2020). Berikut ini tiga Pemenang utama dalam IoT Makers Creations 2020 adalah, Juara 1, Tim USMAN-AMIKOM  dengan Karya USMAN (UVC Sterilizer Lantai Masjid yang Aman); Juara 2, TTG Team dari Mataram dengan karya Smart Gate CN20; dan Juara 3, Tasik Inovasi dengan karya Smart Ventilator.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo, DR. IR. Ismail MT, sangat mengapresiasi terhadap berbagai inovasi dan solusi lokal yang dikembangkan dalam IoT Makers Creations 2020. “Inovasi-inovasi tersebut diharapkan memunculkan solusi untuk mengantisipasi perubahan struktur aktivitas dalam adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan ekonomi maupun sosial masyarakat Indonesia,” ungkap Ismail.

Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIoTi) Teguh Prasetya mengatakan, ketiga pemenang membuat solusi IoT yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu, solusi-solusi tersebut telah diimplementasikan di lingkungan terdekat mereka. Ia juga mengharapkan dukungan komunitas, ASIOTI, dan Kemkominfo agar karya pemenang bisa dirasakan masyarakat luas. Kemenangan itu, menurutnya menjadi langkah awal masuk ke tahapan komersialisasi.

Direktur Pasca sarjana Universitas Amikom Yogyakarta, Dr. Kusrini, M Kom sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh tim USMAN Amikom tersebut. Dengan berbekal pengetahuan dan hasil diskusi di kelas, mereka menunjukkan kepedulian mereka dengan membuat karya nyata yang bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa.

“Hal ini tentu saja hanyalah awal untuk mereka mengembangkan produk ini sehingga benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Semoga prestasi yang mereka raih dapat menjadi suntikan motivasi bagi teman-teman mahasiswa yang lain untuk berani berkarya. Mencoba itu harus, juara adalah bonus,” tegas Kusrini. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here