Home Pendidikan Uskup KAS Memberkati Sekolah Eksperimental Mangunan

Uskup KAS Memberkati Sekolah Eksperimental Mangunan

562
0
Mgr R Rubiyatmoko foto bersama Romo CB Mulyatno Pr dan perangkat desa setempat pada acara pemberkatan Sekolah Eksperiman Mangunan di Dusun Cupuwatu 2, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Sabtu 24 April 2021. Foto : C Isulcokro

BERNASNEWS.COM – Uskup Keuskupan Agung Semarang (KAS) Mgr Robertus Rubiyatmoko memberkati Sekolah Eksperimen Mangunan di Padukuhan Cupuwatu 2, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu (24/4/2021).

Acara diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dilaksanakan di pendopo utama kompleks sekolah untuk jenjang TK-SD-SMP tersebut. Usai pemberkatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala Dukuh Cupuwatu 2 Kuncoro Eko Wibowo dan penyerahan bantuan dari pihak Sekolah Eksperimen Mangunan kepada pihak Padukuhan.

Romo Basilius Edy Wiyanto, Kepala Kantor Yayasan Dinamika Edukasi Dasar (DED) memandu acara wawanhati antara Uskup Keuskupan Agung Semarang dengan para guru, staf dan karyawan. Dalam pengantar, Romo CB Mulyatno Pr selaku Ketua Yayasan Dinamika dan Edukasi Dasar (DED) mengatakan bahwa kuasa Tuhan berkarya secara luar biasa melalui uskup, panitia, pekerja, masyarakat dan donatur.

Mgr RRubiyatmoko menandatangani prasasti pemberkatan Sekolah Eksperimen Mangunan-New. Foto : C Ismulcokro

“Sekolah adalah masyarakat, masyarakat adalah sekolah. Semoga kompleks Sekolah Eksperimen Mangunan menjadi lingkungan yang ramah, bersahaja dan menyatu dengan masyarakat serta tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk bertumbuh sambil bermain,” kata Romo CB Mulyatno.

Sementara Mgr Robertus Rubiyatmoko mengatakan bahwa Sekolah Eksperimen Mangunan menjadi karya pelayanan pendidikan untuk anak-anak agar memiliki keterampilan hidup di tengah masyarakat dan anak-anak muda yang militan.

“Sekolah Eksperimen Mangunan mengembangkan konsep belajar merdeka yang digagas almarhum Romo YB Mangunwijaya Pr. Pemberkatan ini menjadi tambahan motivasi untuk memberikan yang terbaik dalam mendampingi anak-anak. Kehadiran perangkat pemerintah Padukuhan Cupuwatu 2, baik Dukuh, RW, RT & tokoh masyarakat setempat mencerminkan penerimaan atas keberadaan sekolah ini,” tutur Windu Aji, salah satu guru jenjang SMP sekaligus Tim Laboratorium Pengembangan Pendidikan.

“Saya merasa sangat bersyukur karena sekarang Sekolah Eksperimen Mangunan sudah mempunyai tempat dan rumah sendiri untuk anak-anak bermain dan belajar yang hari ini sudah diberkati oleh Bapak Uskup. Semoga berkat dari Bapak Uskup membuat kompleks Sekolah Eksperimen Mangunan menjadi rumah yang nyaman bagi semua orang untuk belajar memekarkan diri menjadi komunitas pemelajar yang eksploratif, kreatif dan integral,” kesan Rumei Endri Yani, guru jenjang TK Eksperimen Mangunan.

Sementara Sr Fransisca Mbawo RMI, Kepala Sekolah TK Eksperimen Mangunan mengatakan bahwa rangkaian acara pemberkatan Sekolah Eksperimental Mangunan berlangsung dengan lancar sesuai dengan protokol kesehatan. Acara tersebut dihadiri Romo Vikep Kevikepan DIY Timur, para romo Gereja Maria Marganingsih Kalasan, Komite Sekolah, Pengurus Yayasan, para guru dan karyawan, donatur serta perangkat desa setempat. (Carolus Ismulcokro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here