Home News UPNVY Dampingi UMKM Desa Prima di Sleman Buat Berbagai Produk Olahan Lele

UPNVY Dampingi UMKM Desa Prima di Sleman Buat Berbagai Produk Olahan Lele

100
0
Rektor UPNVY, Mohammad Irhas Effendi (kedua dari kiri) saat memberikan Bimbingan Teknis pada UMKM Desa Prima di Sleman terkait pengelolaan olahan lele. (Foto: istimewa)

BERNASNEWS – Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) melakukan pendampingan pada 3 kelompok Desa Prima, yaitu Sumber Rahayu, Sumberagung, dan Sendangagung. Desa PRIMA Selama ini diyakini dapat menjadi suatu alternatif atau trobosan dalam upaya pemberdayaan perempuan dalam bidang ekonomi melalui peningkatan pemberdayaan perempuan dan peningkatan pendapatan kelompok perempuan khususnya keluarga miskin.

“Diharapkan pelatihan ini dapat membantu memajukan Desa Prima yang ada dalam pengelolaan ikan lele yang banyak terdapat di daerah tersebut,” ujar Mohammad Irhas Effendi, Rektor UPNVY.

Bimbingan Teknis pada UMKM Desa Prima di Sleman terkait pengelolaan olahan lele. (Foto: istimewa)

Adapun pendampingan yang dilakukan pada 25 September 2021. Warga diajak untuk membuat olahan lele berupa Abon, Nuget, Sup Kepala Ikan lele, Bakso Ikan Lele. Pengolahan ini pun membuat nilai jual ikan lele menjadi meningkat.

“Potensi ikan lele disini hanya dikonsumsi biasa seperti dibakar atau digoreng, diharapkan masih bisa diolah lebih beragam lagi,” ujar Ketua Desa Prima Sumberagung, Puji.

Seperti yang diketahui, lele merupakan jenis ikan yang mudah dikembangbiakan sehingga mudah ditemukan. Namun, lele yang melimpah masih belum dapat diolah menjadi produk beragam.

Bimbingan Teknis pada UMKM Desa Prima di Sleman terkait pengelolaan olahan lele. (Foto: istimewa)

Setiap kelompok dari 3 Desa prima mengirimkan perwakilan untuk mengikuti pelatihan ini, pelatihan dilakukan secara luring dengan jumlah peserta yang terbatas dan memperhatikan protokol Kesehatan. Para peserta sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan ini, terlihat dari cara mempraktikan yang diajarkan pada pelatihan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here