Home Pendidikan UPNVY Berkomitmen Mewujudkan Kampus Peduli Lingkungan

UPNVY Berkomitmen Mewujudkan Kampus Peduli Lingkungan

12
0
Kampus UPNVY di Ring Road Utara Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM — UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) semakin menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan kampus peduli lingkungan. Dan salah satu bukti adanya komitmen itu adalah dengan meraih peringkat 38 Kampus Terhijau di Indonesia tahun 2019 berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019. Di tingkat dunia, UPNVY menempati peringkat 545.

Peringkat ini diumumkan oleh UI Green Metric di Gedung Balai Sidang, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa (3/12/2019). Pengumuman pemeringkatan juga disiarkan secara langsung secara streaming yang disaksikan perguruan tinggi di luar Indonesia.

“Ini menjadi kado Dies Natalis ke-61 tahun UPNVY pada 15 Desember 2019. Dan ini juga merupakan wujud komitmen kami sebagai kampus hijau lestari. Tidak hanya jargon-jargon, namun kami mengimplementasikannya,” kata Marcus Kusnardijanto, Kasubbag Kerjasama dan Humas, dalam rilis yang dikirim ke berbagai media, termasuk Bernasnews.com, Selasa (3/12/2019).

Komitmen UPNVY sebagai kampus hijau lestari (Sustainable Green Campus), menurut Markus, sudah tertuang dalam Keputusan Rektor No 11 tahun 2017. Surat keputusan tersebut kemudian diimplementasikan dengan berbagai aktivitas dan kegiatan, salah satunya dengan pengurangan sampah plastik.

“Di beberapa program studi sudah memulai mengganti kardus snack dengan luch box, air mineral kemasan dengan dengan tumbler pada setiap kegiatan, baik rapat maupun saat kuliah lapangan. Semoga segera menular ke prodi lainnya,” ujar Markus.

Sebelumnya komitmen pengurangan sampah plastik juga sudah digaungkan pada Pekan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) yang berlangsung pada 12-17 Agustus 2019. Pada acara orientasi tersebut sebanyak 3.000 mahasiswa baru dan 500 orang panitia diwajibkan membawa tumbler. “Panitia menyiapkan air minum isi ulang untuk mahasiswa dan panitia. Ini merupakan komitmen kami bersama,” kata M Irhas Effendi, Rektor UPNVY.

Dan hasilnya, menurut Irhas, sampah plastik terutama kemasan air mineral dapat berkurang. Ia berharap komitmen ini tetap terus dijalankan oleh sivitas akademika.

UI GreenMetric merupakan salah satu program dari Universitas Indonesia yang menilai universitas di Indonesia dan dunia berdasarkan komitmen dan tindakan terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Tahun ini peserta UI GreenMetric mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia. Jumlah ini bertambah dari 719 perguruan tinggi dari 81 negara di tahun 2018. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here