Home Opini Upaya Peningkatan Kualitas Kelurahan Melalui Digitalisasi

Upaya Peningkatan Kualitas Kelurahan Melalui Digitalisasi

761
0
Muhammad Rizky Syah Tio, Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta. (Foto: Dok. Pribadi)

BERNASNEWS.COM — Dengan semakin berkembangnya zaman yang dibarengi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang terjadi di seluruh aspek kehidupan manusia, dapat semakin dirasakan pengaruhnya baik dalam skala individu maupun secara umum atau global. Hal tersebut juga menyebabkan dinamika yang terjadi di sektor pemerintahan dan pelayanan publik, seperti yang dapat dilihat pada sektor pemerintahan dan pelayanan publik sebelumnya masih menggunakan mekanisme konvensional atau manual, yang banyak menggunakan kertas dan banyak tenaga kerja serta waktu yang dibutuhkan,  perlahan telah memanfaatkan teknologi baik fisik (hardware) maupun non fisik (software) atau yang data disebut dengan digitalisasi sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas dari pelayanan untuk masyarakat.

Kaitannya dengan hal tersebut, sesuai dengan apa yang dipelajari oleh mahasiswa ilmu pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta, khususnya pada Prodi Ilmu Pemerintahan dimana para mahasiswa juga mempelajari serta memahami bagaimana mekanisme dan dinamika yang terjadi pada sektor pemerintahan dan pelayanan publik yang ada di Indonesia.

Sebagai upaya untuk pelatihan kepada mahasiswa dalam hal menyiapkan para mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja serta mengamalkan ilmu yang telah dipelajari selama di perkuliahan, Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta menyelenggarakan program Magang atau disebut dengan program Internship yang dilaksanakan antara semester 5 dengan semester 6 atau masa libur semester ganjil tahun ajaran 2019-2020, yang dilakukan selama sebulan atau 25 hari kerja yang merupakan periode pertama program tersebut pada penghujung bulan Januari sampai dengan akhir Februari tahun 2020.

Pada program ini yang menjadi mitra atau instansi sebagai tempat untuk mahasiswa untuk melaksanakan program internship tersebut adalah Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta Bagian Tata Pemerintahan Subbagian Otonomi Daerah yang beralamatkan Jalan Kenari No. 56 Kompleks Balai Kota, Kota Yogyakarta, DIY.

Dengan program Internship ini mahasiswa dapat belajar dan mempraktikkan apa yang telah dipelajari selama dalam perkuliahan di kelas, salah satunya adalah mata kuliah E-Government, Sistem Pelayanan Publik. Pada program ini mahasiswa juga dapat mempelajari bagaimana sistem birokrasi dan program apa saja yang telah ada guna meningkatkan pelayanan masyarakat.

Seperti halnya yang telah dilaksanakan pada intership ini, mahasiswa dapat mengetahui dan mempelajari mengenai suatu program yang dicanangkan oleh KEMENDAGRI yaitu, program Evaluasi Pemerintah Desa dan Kelurahan (Epdeskel), program ini dijalankan dengan tujuan meningkatkan pelayanan publik yang dimulai dari tingkat desa dan kelurahan, serta menstimulasi kemandirian desa dan kelurahan agar timbul kemandirian untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan serta inovasi-inovasi yang dapat memajukan wilayah atau daerah terkait.

Program tersebut dimulai dengan penilaian administrasi di mana pihak dari tiap kelurahan akan mengisi form penilaian yang telah disediakan oleh KEMENDAGRI yaitu Epdeskel. Berdasarkan form tersebut kelurahan-kelurahan terkait akan mendapatkan klasifikasi berdasarkan laporannya, yang terdiri dari klasifikasi Belum berkembang, Berkembang, dan Cepat berkembang, program ini nantinya akan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara Nasional dimulai dari daerah desa dan/atau kelurahan. (Muhammad Rizky Syah Tio, Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here