Home News Upaya Pelestarian Penyu di Pantai Goa Cemara

Upaya Pelestarian Penyu di Pantai Goa Cemara

473
0
Pelepasan tukik (anak penyu) ke laut. foto: Birgita

Pelestarian lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah bersih-bersih lingkungan. Bisa juga melakukan pelepasan makhluk hidup ke habitat seharusnya. Banyak hal kecil yang bisa dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membangun ekosistem lingkungan yang baik.

Kamis (14/11/2019) pagi,  suasana di Pantai Goa Cemara tak biasa. Rombongan KJ Hotel melakukan aksi bersih lingkungan dan juga pelepasan tukik. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara ulang tahun hotel. 

Pemilihan kegiatan CSR dengan cara membersihkan pantai dan melepas tukik ternyata merupakan sebuah bentuk kepedulian pada lingkungan. Veri Diana selaku GM mengatakan bahwa isu pencemaran lingkungan dan sampah sedang hangat diperbincangkan. 

Penyerahan tempat sampah oleh GM KJ Hotel kepada pihak penjaga Pantau Goa Cemara, Kamis (14/11). foto: Birgita

Berhubung lokasi pantai Goa Cemara ini merupakan salah satu habitat penyu, maka pihak hotel berinisiatif untuk membuat kegiatan bersih pantai juga melepaskan tukik. 

“Selain membersihkan lingkungan, dengan membersihkan sampah plastik kita melestarikan penyu,” ujarnya. 

Veri menyoroti soal sampah plastik berserakan yang menjadi makanan penyu. Sehingga pihaknya sendiri berupaya mengambil langkah kecil namun berguna dengan cara membersihkan pantai dan melepaskan tukik ke habitatnya. Ia bahkan tak mempermasalhkan walaupun akai yang dilakukan pihaknya kecil, setidaknya itu membantu menjaga habitat penyu, juga bisa menjadi contoh bagi lainnya untuk melestarikan lingkungan. 

“Kecil tidak apa-apa, but it matters a lot,” ungkap Veri. 

Jumlah tukik atau anak penyu yang dilepas berjumlah 20 ekor. Selain bersih-bersih pantai dan melepas tukik, mereka juga mengadakan seremonial pemberian tempat sampah bagi pihak pantai Goa Cemara. Diharapkan nantinya tempat sampah tersebut akan berguna untuk menjaga agar sampah tak berserakan. Juga selain ini harapannya habitat penyu bisa dilestarikan dengan baik. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here