Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsUpaya Menekan Covid, PMI DIY Gencarkan Penyemprotan Disinfektan Ramah Lingkungan

Upaya Menekan Covid, PMI DIY Gencarkan Penyemprotan Disinfektan Ramah Lingkungan

BERNASNEWS.COM — Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) menggencarkan kembali penyemprotan disinfektan ramah lingkungan berupa Enco Enzyme. Penyemprotan digencarkan setelah ditengarai kasus Covid-19 mulai melonjak lagi kurun waktu terakhir di DIY.

“Penyemprotan disinfektan akan dilakukan seminggu dua kali di beberapa wilayah yang merupakan wilayah titik keramaian Kota Yogyakarta, antara lain kawasan Tugu Jogja, Jalan Malioboro, dan Alun-alun menggunakan truk gunner spray,” ungkap Yani selaku Humas PMI DIY, di sela-sela giat penyemprotan, Jumat (25/2/2022), di Alun-alun Selatan, Yogyakarta.

Dikatakan, bahwa selain penyemprotan disinfektan ramah lingkungan juga untuk mengingatkan kembali pada masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan (prokes). “Prokes dengan 4 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas. Sebenarnya masih ada satu M lagi, yakni menghindari makan bersama,” ujar Yani.

Truk gunner spray milik PMI DIY saat parkir untuk istirahat sejenak sebelum melakukan aktifitas penyemprotan di seputaran wilayah Alun-Alun Selatan (Alkid), Kemantren Kraton, Yogyakarta, Jumat (25/2/2022). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Seperti telah diketahui aktifitas penyemprotan disinfektan ramah lingkungan tersebut telah dilakukan mulai Kamis (17/2/2022) dimulai dini hari, dalam rangka untuk ikut membantu pemerintah menekan laju penyebaran kasus Covid-19.

Ketua PMI DIY GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi menuturkan, bahwa pelaksanaan penyemprotan memilih waktu dinihari saat masyarakat masih belum beraktivitas di luar rumah, dengan menggunakan disinfektan yang ramah lingkungan.

“Penyemprotan ini untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa Covid-19 masih ada, belum musnah dan kita harus tetap menaati protokol kesehatan,” tegas putra Sultan HB IX, dalam rilis yang disampaikan oleh Humas PMI DIY.

Pihaknya berharap masyarakat tetap disiplin memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, menjaga mobilitas, serta mengurangi makan bersama. Satu lagi adalah vaksin. Karena vaksin dan protokol kesehatan itu saling melengkapi.

“Vaksin efektif untuk membangun imunitas tubuh. Sementara protokol kesehatan efektif untuk menjaga kita dari kemungkinan tertular virus. Kita harus disiplin dan menaati anjuran pemerintah, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Bergerak bersama-sama akan menekan laju penyebaran Covid-19,” tandas Gusti Prabu. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments