Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsUpaya Hotel di Jogja untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Upaya Hotel di Jogja untuk Bertahan di Tengah Pandemi

bernasnews.com – Dibukanya kembali pariwisata dan penurunan laju kasus COVID-19 memberi angin segar bagi para insan perhotelan. Sejak libur lebaran tahun 2022 lalu hingga akhirnya keputusan PPKM level 1 diberlakukan, hampir sebagian besar hotel di Jogja mempersiapkan diri untuk beroperasi normal dengan kapasitas 100 persen.

Diakui Executive Director Zuri Hotel Danagement Diaz Kurniawan, pandemi COVID-19 membuat jumlah kunjungan merosot drastis. Dia menyebut bahwa banyak hotel yang terpaksa gulung tikar sampai dengan menekan penuh anggaran demi bertahan di masa pandemi.

“Dari 25 hotel di Zuri Management, awal pandemi sempat ada tutup satu hotel di Jakarta hanya 3 bulan. Setelah itu kita dapat buka kembali,” ungkap Diaz dalam perayaan Grand Zuri Malioboro Hotel yang ke 9 pada Kamis (9/6/2022).

Berbagai cara dilakukan agar hotel beroperasi meski dengan kunjungan tamu yang minim hingga nyaris tak ada. Meski demikian, ia menegaskan bukan berarti perawatan hotel tak dilakukan. Bahkan tak hanya itu, selama masa pandemi disebut bahwa tidak ada satupun karyawan hotel yang dirumahkan.

“Bisa dikatakan Zuri Hotel tidak ada yang tutup walaupun sepi, karyawan tidak bisa digaji secara full, syukur sekarang sudah normal. Kalau pandemi benar-benar tidak ada pendatang dan dari revenue masuk otomatis biaya kita kontrol, kualitas kita tetap rawat,” katanya.

Sementara itu, Tana Indrayana General Manager Grand Zuri mengaku senang dengan kondisi pandemi yang kini mulai melandai. Menurut dia, ini memberikan dampak baik bagi semua hotel yang utamanya berada di Jogja dan sangat bergantung pada kunjungan wisatawan.

“Alhamdulillah dengan lebaran kemarin kembali normal dan orang-orang tidak tahan untuk tidak keluar rumah dan pulang kampung akhirnya membludak,” katanya.

“Bulan Mei kemarin sudah full (kapasitas) 100 persen, mengingat ini juga kawasan strategis,” pungkasnya. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments