Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsUNY Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022

UNY Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022

BERNASNEWS.COM — Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2022, sekaligus implementasi perjanjian kerjasama dengan beberapa sekolah SLTA Sederajat, Senin (27/12/2021), di Hotel Grand Rohan, Yogyakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid atau luring dan daring itu, diikuti oleh kepala sekolah SMA, SMK dan MA, di Kota Yogyakarta dan 4 kabupaten se DIY. Dihadiri oleh 225 orang kepala sekolah secara luring dan lebih dari 176 orang kepala sekolah secara daring.

Nara sumber kegiatan dalam tangkap layar Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana (kiri) dan Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Prof. Budi Prasetyo Widyobroto. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana mengatakan, sosialisasi lebih awal sangat dibutuhkan agar dapat mempersiapkan diri dalam rangka memberikan kenyamanan akademik bagi pihak sekolah mengawal siswanya untuk melanjutkan studi. “Kepala sekolah sebagai talang atur sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, sehingga peserta didik dapat mempersiapkan lebih awal baik secara akademik ataupun yang lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNY harus menjadi nafas dalam membantu peserta didik yang ingin melanjutkan studi, dan berharap peserta didik dapat mengenyam prosesnya atau setidaknya merasakan atmosfer berkompetisi, dan jangan sampai ketidakberuntungan peserta didik menjadi kendala dalam penerimaan mahasiswa baru, karena ada beasiswa KIP Kuliah.

Prof Margana berpesan bagi yang mempunyai prestasi luar biasa pada bidang olahraga, seni atau bidang lainnya, ada ruang khusus yang ingin melanjutkan studinya di UNY. “Hal ini sesuai implementasi UUD 1945 pasal 31, bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan,” ungkapnya.

Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora DIY Dra. Isti Triasih saat menyampaikan sambutannya. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora DIY Dra. Isti Triasih menyampaikan terima kasih kepada UNY yang telah mempelopori pemberian informasi lebih dini tentang pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN dan SBMPTN 2022, yang merupakan kesempatan untuk mengakses informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru terutama di UNY secara penuh, supaya tidak terlambat dan ketinggalan informasi.

“Di masa pandemi Covid-19, semua peserta didik harus melakukan pembelajaran secara daring tentunya ada hambatan, namun peserta didik sudah dipersiapkan untuk mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi,”  ujarnya.

Menurut Isti, UNY tidak hanya milik Yogyakarta tetapi sudah menjadi milik nasional. Ia berpesan untuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru BK untuk mendampingi proses pendaftaran, pemilihan prodi, pelaksanaan seleksi bagi peserta didiknya agar tidak ada kesalahan dan sesuai yang diharapkan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Prof. Budi Prasetyo Widyobroto menyatakan, bahwa LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru yang membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik atau prestasi lainnya, melalui jalur SNMPTN.

“Fungsi LTMPT adalah mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN, melaksanakan ujian tulis berbasis komputer UTBK dan menyampaikan hasilnya kepada peserta dan PTN tujuan,” jelas Prof Budi Prasetyo.

Dikatakan, tanggal penting dalam kegiatan SNMPTN yang akan datang adalah, penetapan siswa eligible 4 Januari sampai dengan 8 Februari 2022, pengisian PDSS 8 Januari sampai dengan 8 Februari 2022. “Pendaftaran SNMPTN 14-28 Februari 2022 dan pengumuman SNMPTN 29 Maret 2022. Informasi resmi SNMPTN dapat dilihat pada laman resmi LTMPT,” pesan Prof Budi Prasetyo.

Suasana giat sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UNY, Senin (27/12/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Paparan tentang sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UNY disampaikan Kepala Admisi UNY Dr. Setya Raharja. Implementasi pelaksanaan kerja sama ini adalah sebagai landasan dalam rangka pelaksanaan kerja sama yang disusun oleh UNYsesuai dengan ruang lingkup pengaturan pelaksanaan kerja sama ini.

Tujuan implementasi kegiatan ini adalah untuk saling mendukung kegiatan dalam rangka kerja sama yang berkaitan dengan pelaksanaanpenyebaran informasi penerimaan mahasiswa baru dan informasi lain di UNY. Ruang lingkupnya adalah pengiriman perwakilan SMA, SMK dan MA untuk mengikuti kegitan penyebaran informasi terkait penerimaan mahasiswa baru dan informasi lain di UNY. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments