Home Pendidikan UNY Fasilitasi Peserta Difabel Ikuti UTBK

UNY Fasilitasi Peserta Difabel Ikuti UTBK

232
0
Penyandang Difabel Tunanetra mengikuti UTBK di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis (15/4/2021). Foto Ilustrasi: Dok Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM — Berdasar jadwal yang ditetapkan oleh LTMPT pada Pusat UTBK Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diselenggarakan UTBK untuk Penyandang Difabel Tunanetra, Kamis (15/4/2021), di Ruang Digital Library Lantai 3. Dengan dibimbing oleh panitia, satu persatu peserta UTBK penyandang tuna netra memasuki Gedung Digital Library UPT Perpustakaan untuk mengikuti ujian pada sesi 7.

“Terdapat 5 peserta tunanetra yang hari ini mengikuti UTBK di UNY. Hal ini karena UNY merupakan salah satu Pusat UTBK yang memiliki sarana dan kemampuan pendampingan, sehingga dapat menyelenggarakan ujian dengan baik,” kata Dr. Setya Raharja, M Pd selaku Ketua KLA PMB UNY.

Lebih lanjut Setya mengatakan, bahwa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah kampus yang humanis, peserta difabel pasti dilayani dengan baik. Hal ini sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan yaitu pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif. “Seperti halnya  pada pelaksanaan UTBK, semua pasti akan dilayani dengan baik, tidak  membeda-bedakan apakah difabel atau tidak,” tegas Setya.

Seorang difabel peserta UTBK UNY sedang dipandu oleh panitia dalam pengisian jawaban dengan mempergunakan perangkat khusus. (Foto: Kiriman Humas UNY)

Dr. Restu Widiatmono, M.Si. selaku Koordinator TIK UTBK UNY menambahkan, bagi difabel tunanetra selain jaringan dan perangkat komputer yang memenuhi persyaratan,  tentunya memerlukan pendamping khusus. “Sarana lain yang disiapkan adalah perangkat alat bantu pengisian jawaban yaitu perangkat Riglet dan lembar Braille, serta software khusus berlisensi pembaca tampilan layar monitor yaitu NVDA (Non Visual Desktop Access),” ujar Restu.

Di samping itu, pada sesi 8 (siang), bertempat di LIMUNY terdapat 3 peserta difabel tuna daksa mengikuti UTBK. Mulai dari memasuki halaman gedung sampai dengan menuju tempat ujian, peserta difabel tuna daksa ini dibimbing oleh petugas. Demikian juga dengan ruangan yang disesuaikan dengan kondisi peserta.

Secara umum pelaksanaan UTBK di hari keempat ini berjalan tertib dan aman, semua aspek ditinjau dalam penyelenggaraan UTBK baik itu panitia, peserta, pengantar, petugas keamanan bekerja dengan baik sesuai standar protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19. Tingkat kehadiran peserta tes hari ini dari total peserta 1.353 peserta, tidak hadir 82 (6%) peserta, sejumlah 1.213 atau  94% hadir mengikuti tes. Walaupun UNY sudah mengirimkan WhatsApp Broadcast kepada peserta UTBK untuk membawa hasil swab/rapid, namun pada hari ini masih ada 3 peserta yang tidak bisa menunjukkan hasil GeNose C19/rapid antigen/PCR Swab/rapid test. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here