Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsUNY Awards 2022: Ngaruhke, Ngopeni, dan Ngewangi Grumegah Menyosong Perubahan

UNY Awards 2022: Ngaruhke, Ngopeni, dan Ngewangi Grumegah Menyosong Perubahan

bernasnews.com — Dalam rangka mempererat jalinan kerja sama dan kemitraan, serta masih dalam rangkaian peringatan Dies Natalis Ke-58, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar acara Penganugerahan UNY Awards 2022, Rabu (25/5/2022), di Performance Hall Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Yogyakarta.

Acara tersebut dilaksanakan secara hibryd (luring/ daring), serta disiarkan secara live stereaming di kanal Youtube UNY Offcial. Selain penyerahan penghargaan, juga dilakukan pendatanganan MoU antara Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) secara luring dan Universitas of Lahore, Pakistan secara daring.

Tarian ‘Budi Astuti’ oleh tiga mahasiswi dari FBS UNY sebagai pembuka acara Penganugerahan UNY Awards 2022, Rabu (25/5/2022). Foto: Tedy Kartyadi/ bernasnews.com.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof Dr. Siswantoyo, S.Pd, M.Kes, AIFO dalam sambutan laporannya mengatakan, bahwa acara ini diselenggarakan kali pertamanya yang bertujuan untuk meningkatkan value kerjasama antara UNY dengan berbagai mitra.

“Mitra berupa industri, perguruan tinggi atau unversitas, pemerintah daerah. Juga dari Kementrian Desa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaa, Riset, Bupati Gunung Kidul, Bupati Bantul, Bupati Bojonegoro,” terang Prof Siswantoyo.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof Dr. Siswantoyo, S.Pd, M.Kes, AIFO saat menyampaikan sambutan laporan penyelenggaraan Penganugerahan UNY Awards 2022. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

Penyelenggaraan UNY Award ini, lanjut Prof Siswantoyo, juga dalam rangka ngaruhke, ngopeni, dan ngewangi, sehingga mewujudkan dengan UNY Bersama Kita Bisa, Bersatu Kita Maju dan Bermitra Kita Juara guna mempersiapkan diri untuk gumregah menyongsong perubahan.

“Dari UNY untuk Indonesia, makan kami mengharapkan bukan menjadi MoU tidur sebagai aktifitas yang ada namun terus bergerak maju untuk kesuksesan, tumbuh berkembang bersama-sama, sukses bersama dan sejahtera bersama,” kata dia.

Kerjasama dan kolaborasi perlu ditingkat lagi untuk menyambut UNY menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). “Semoga proses UNY menjadi PTNBH berharap dapat ditandatangani oleh Presiden RI dan awal tahun 2023 dikukuhkan UNY sebagai PTNBH,” imbuh Prof Siswantoyo.

Rektor UNY Prof Dr. Sumaryanto, M.Kes saat menyampaikan sambutan secara daring atau online. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

Sementara itu, dalam sambutannya secara daring dikarenakan sedang melaksanakan tugas di luar kota, Rektor UNY Prof Dr. Sumaryanto, M.Kes mengatakan, bahwa UNY saat ini harus berbenah diri dan melakukan konsolidasi di semua lini untuk menyongsong status kelembagaan menjadi PTN BH.

Menurutnya, dengan perubahan menjadi PTN BH, UNY terus berupaya melakukan tranformasi kelembagaan dan keilmuan, kemandirian dengan siap, dan memantapkan budaya penilitian.

“Upaya lain adalah peningkatan program kerjasama, record isi dosen, peningkatan pembelajaran berbasis riset. Juga peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat,” kata Prof Sumaryanto.

Dikatakan, seluruh tahapan ini merupakan komitmen UNY untuk menuju universitas kependidikan kelas dunia yang unggul, kreatif dan inovatif berkelanjutan. Upaya-upaya tersebut bisa dilakukan oleh UNY dengan bekerjasama, bersinergi dengan pihak-pihak lain.

UKM Silat UNY ikut memeriahkan acara Penganugerahan UNY Award 2022, Rabu (25/5/2022), Performance Hall Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

“Kerjasama dengan prinsip penthahelix, kerjasama multilateral. UNY sebagai unsur akademisi, kerjasama terus ditingkatkan jalinan kerjasama, dengan instansi pemerintah, dunia riset dan dunia industri, masyarakat, komunitas, serta media massa,” ungkap Rektor UNY.

Sambutan serupa sebelumnya disampaikan oleh Kedubes RI, Beijing merangkap Mongol Djauhari Oratmangun, serta Rektor Universiti Malaya yang merupakan salah satu dari 100 universitas unggulan di dunia.

Penyerahan penghargaan UNY Awards 2022, dengan berbagai kategori itu dimeriahkan dengan sajian karya tari ‘Budi Astuti’ oleh tiga mahasiswi dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY, lantunan lagu oleh grup band Cofee Break, dan demo silat oleh UKM Silat UNY. Penghargaan utama berupa trofi bergilir diraih oleh Fakultas MIPA. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments