Home News UNU Yogyakarta Gelar Wisuda Perdana Program Sarjana Tahun 2021

UNU Yogyakarta Gelar Wisuda Perdana Program Sarjana Tahun 2021

291
0
Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta menggelar Wisuda perdana Program Sarjana Tahun 2021, Sabtu (18/12/2021), di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta. (Foto: Kiriman Ilham Unggara)

BERNASNEWS.COM — Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta menggelar Wisuda perdana Program Sarjana Tahun 2021, Sabtu (18/12/2021), bertempat di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta, Jalan Babarsari, Janti, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Acara ini dihadiri secara virtual oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Prof Dr. Pratikno. Juga hadir anggota Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) UNU Yogyakarta, anggota DPD RI, Dr H. Hilmy Muhammad, Pengurus Wilayah NU DIY, Pengurus Cabang NU se DIY, dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kepesantrenan KH. Jazilus Sakhok, PhD menyampaikan, terdapat 74 mahasiswa yang diwisuda pada kesempatan wisuda perdana kali ini dengan perincian, Program Studi Manajemen terdapat 30 wisudawan, Program Studi Akuntansi 11 wisudawan, Program Studi Farmasi 8 wisudawan, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian 5 wisudawan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 wisudawan, Pendidikan Bahasa Inggris 5 wisudawan, Program Studi Studi Islam Interdisipliner 12 wisudawan, dan Program Studi Informatika 1 wisudawan.

“Dari 74 wisudawan-wisudawati, terdapat sembilan orang berpredikat terbaik sesuai prodi masing-masing dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3.90 yang diraih oleh Ruslan Abdul Parid dari Program Studi Studi Islam Interdisipliner,” pungkas KH. Jazilus Sakhok.

Rektor UNU Yogyakarta Prof. Purwo Santoso, MA, PhD secara simbolis memindahkan kucir kepada seorang wisudawan. (Foto: Kiriman Ilham Unggara)

Sambutan wisudawan disampaikan oleh lulusan terbaik Program Studi Akuntansi, Alfin Nisaul Arifah. Dalam sambutannya, Alfin Nisaul Arifah menceritakan pengalaman yang ia dapat di UNU Yogyakarta dan perjalanannya hingga sampai lulus. Pesan yang paling diingat ialah pesan dari sang ayah, yang menjadi bara semangat hingga ia bisa menyelesaikan pendidikannya di jenjang S-1 ini.

Sementara itu, Rektor UNU Yogyakarta Prof. Purwo Santoso, MA, PhD dalam sambutannya menceritakan tentang proses membangun dan mengembangkan UNU Yogyakarta yang tidak mudah dilalui, akan tetapi karena proses pendirian UNU Yogyakarta adalah karena dawuh dari para kyai.

“Maka ketika terjadi kesulitan di tengah jalan, menyampaikan keluh kesahnya juga harus kepada para kyai,” kata Prof. Purwo Santoso.

Dengan begitu, imbuh Prof. Purwo, kesulitan dan kesusahan jalan insyaallah akan ada solusinya, sebagaimana pencapaian UNU Yogyakarta yang ternyata sudah bisa menghasilkan para wisudawan dan alumni yang sebagian besar berpredikat cumlaude. Prof. Purwo Santoso juga berpesan kepada para alumni untuk selalu berkhidmah pada jamaah, jam’iyyah Nahdlatul Ulama, negara, bangsa, dan umat manusia.

Suasana Wisuda perdana Program Sarjana Tahun 2021 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Sabtu (18/12/2021). Foto: Kiriman Ilham Unggara.

Orasi Ilmiah secara virtual yang disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Prof Dr. Pratikno, MSoc, Sc menekankan pada proses perubahan zaman dengan berbagai disrupsinya yang harus direspon oleh para wisudawan.

Mensesneg juga memberikan selamat atas kelulusan para wisudawan dan menyampaikan, bahwa wisudawan bukanlah akhir dari segalanya. “Apapun yang setelah ini para wisudawan/ wati lakukan, kemanfaatan yang dibawa wisudawan/ wati semua selalu dinanti bagi masyarakat, umat, dan negara,” tutur Prof. Pratikno.

Banyak motivasi dan pesan yang disampaikan untuk memberikan semangat generasi muda terutama para wisudawan yang baru saja mendapat gelar sarjana. Saat ini dunia sedang mengalami banyak perubahan atau bisa disebut ‘disrupsi’, yang terjadi akibat perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0. Dalam menghadapi era ini, Mensesneg banyak berharap pada generasi muda untuk selalu update dalam mempelajari sesuatu yang baru.

Pesan yang paling pokok ia sampaikan tertuju langsung pada para lulusan, “Songsonglah masa depan anda, masa depan anda jauh lebih luas dan berharga daripada ijazah anda,” tegas Mensesneg Prof. Praktino.

Bahwa apa yang disampaikan oleh Mensesneg tersebut sejalan dengan visi UNU Yogyakarta yang bertekad menjadi lembaga pendidikan tinggi terdepan dalam mencetak profesional unggul di berbagai bidang strategis pada level nasional maupun global, sebagai ‘The Leading Professional Hub University’. (ted) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here