Home News Universitas Negeri Gorontalo dan UKDW Melakukan Kerjasama Kemitraan

Universitas Negeri Gorontalo dan UKDW Melakukan Kerjasama Kemitraan

43
0
Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, MSc, PhD (Kiri nomor 2) dan Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Dr. Eduart Wolok, ST, MT, IPM menunjukkan naskah Kerjasama Kemitraan antara UNG dengan UKDW yang telah ditandatangani. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Dr. Eduart Wolok, ST, MT, IPM beserta rombongan mengunjungi kampus Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Rabu (10/11/2021).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka penandatanganan naskah Kerjasama Kemitraan antara UNG dengan UKDW. Rombongan UNG diterima dengan hangat oleh Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, MSc, PhD beserta jajaran pimpinan UKDW.

Rektor UNG Eduart Wolok meyakini, bahwa kerjasama kemitraan antara UNG dengan UKDW ini akan meningkatkan percepatan pembangunan daerah yang melibatkan berbagai stake holders di kedua wilayah dimana kedua universitas tersebut berada.

“UNG mempunyai pengalaman panjang dalam berkontribusi terhadap pembangunan daerah maupun pembangunan nasional dengan melihat potensi khusus wilayah,” ungkap Eduart Wolok.

Sementara itu, Rektor UKDW Henry Feriadi dalam kesempatan tersebut menyatakan, UKDW banyak bekerjasama dengan berbagai lembaga dalam negeri maupun luar negeri untuk program pembangunan di wilayah Indonesia Tengah dan Timur. “Beberapa program yang telah dirintis UKDW di Kabupaten Gunungkidul DIY  mungkin juga bisa diterapkan untuk pengembangan wilayah di Gorontalo,” terang Henry.

Kedua Rektor sepakat agar penandatangan naskah kerjasama ini dapat segera ditindaklanjuti dengan program kolaborasi riset antar kedua universitas. Program kerjasama kemitraan lintas stake holder tersebut akan melibatkan berbagai unsur baik dari unsur pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, serta unsur swasta nasional maupin asing. Juga melibatkan perguruan tinggi asing serta unsur masyarakat.

Pola kerjasama kemitraan lintas stake holder tersebut yang sering disebut juga sebagai ‘Kerjasama Penthahelix’, yang disepakati oleh UNG dan UKDW diupayakan untuk dapat diterapkan dalam program pengembangan kawasan Gunungkidul Yogyakarta dan Kawasan Ekonomi KhususTeluk Tomini Gorontalo.

Selanjutnya, kerjasama kemitraan kedua universitas ini akan dimulai dengan berfokus kepada kolaborasi riset untuk pengembangan teknologi informasi, pariwisata minat khusus, perencanaan wilayah, lingkungan hidup, kedokteran dan pengelolaan bisnis.

“Kerjasama kemitraan kedua universitas ini dapat menjadi titik masuk kerjasama yang lebih luas dengan melibatkan pihak swasta dan pemerintah daerah yang merupakan jejaring dari masing-masing pihak,” pungkas Henry Feriadi, dalam rilisnya yang dikirim ke Bernasnews.com.

Dengan melihat pembangunan baik di Gorontalo maupun di Yogyakarta yang sudah berjalan selama ini, maupun rencana pembangunan ke depan, kerjasama kemitraan antara UNG dan UKDW ini diharapkan dapat menjadi pemantik ide dan gagasan kerjasama kemitraan yang terpadu dan berkesinambungan yang diharapkan akan memberi dampak positif kepada masyarakat. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here