Home News UMKM Kampung Karangwaru Lor Lakukan Strategi Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi

UMKM Kampung Karangwaru Lor Lakukan Strategi Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi

120
0
Pengabdian Masyarakat Dosen UWM pRODI Kewirausahaan Cahya Purnama Asri, SE., MM. secara terbatas, Sabtu (7/8/2021) di Shelter Umum Taman Kalibuntung Kampung Karangwaru Lor, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap sektor perekonomian Indonesia, berbagai usaha makro hingga mikro (UMKM) pun turut merasakan ‘kemacetan’ bisnis, termasuk para pelaku UMKM di Kampung Karangwaru Lor, Yogyakarta ikut terdampak dari adanya pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Cahya Purnama Asri, SE, MM, Dosen dari Program Studi Kewirausahaan Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat secara terbatas dan prokes, bersama pelaku UMKM Kampung Karangwaru Lor yang terdampak Covid-19, Sabtu (7/8/2021).

Dalam paparannya, Cahya Purnama Asri menerangkan, bahwa dalam mengahadapi pandemi Covid-19 harus melakukan beberapa hal agar bisnis bisa bertahan bahkan tumbuh di masa pandemi ini. “Diantaranya yaitu, inovasi produk, persiapkan diri untuk skenario terburuk, same day delivery, manfaatkan e-commerce dan fitur-fiturnya,” ungkapnya.

Cahya Purnama Asri, SE, MM, Dosen dari Program Studi Kewirausahaan Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta saat melakukan pengabdian kepada masyarakat, Sabtu (7/8/2021). Foto: Istimewa.

Selain itu, Cahya juga menekankan ‘fokus bisnis’. Hal ini diungkapnya karena banyak pelaku bisnis lebih suka gonta-ganti usaha sebelum usahanya itu settle lebih dahulu. “Dengan mudahnya bergonta-ganti dan tidak fokus itu menyebabkan banyak start up bisnis atau UMKM ini tidak bisa berkembang. Karena keinginan yang begitu menggebu-gebu akhirnya bisnis utamanya justru gagal,” ujarnya.

Sementara itu, Silvy perwakilan dari UMKM Kampung Karangwaru menyampaikan, bagaimana caranya pelaku UMKM menentukan harga atau memperoleh keuntungan yang cukup. “Agar bisa menumbuhkan pelaku UMKM apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang,” ungkapnya.

Belajar tentang bertahan dalam bisnis di masa pandemi ini harus sabar dan melihat peluang dahulu. “Jangan gegabah dan mudah tergiur oleh hal-hal yang kelihatannya sangat mudah dan cepat menguntungkan, baiknya lakukan analisa (reseach) secara kecil untuk menambah kemantapan dalam berbisnis,” pungkasnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here