Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeEkonomiUMKM Jogja Didorong Ambil Peluang di Pasar Ekspor

UMKM Jogja Didorong Ambil Peluang di Pasar Ekspor

bernasnews – Pelaku UMKM di Yogyakarta didorong untuk membuka diri untuk pasar internasional. Hal ini bertujuan agar produk UMKM dikenal masyarakat luas.

“UMKM harus mau mencari tahu informasi di Dinas terkait karena program dukungan untuk ekspor banyak dan beragam,” ujar Dian Astuti, perwakilan dari CV Industrial Classica Variasi, saat pelatihan bersama pelaku UMKM, Selasa (26/7/2022).

Pihaknya mendorong masyarakat khususnya UMKM dapat membuka pemikiran untuk mengenal dan terjun ke pasar Internasional.

Peluang UMKM di dunia ekspor pun cukup terbuka. Kuncinya adalah para pelaku UMKM mau terbuka dan berkolaborasi untuk mencari informasi program ekspor.

“Kira-kira di Mitra Nglarisi UMKM sudah beberapa kali mencoba masuk pasar internasional walaupun belum langsung melakukan ekspor. Caranya dengan menitipkan barang/produk UMKM kepada teman/saudara yang bepergian ke luar negeri/negara tujuan,” kata Dyah, founder Nglarisi UMKM.

Produk Nglarisi UMKM. (Foto: ist)

Dalam pelatihan tersebut, pelaku UMKM didorong untuk masuk ke pasar ekspor dengan pendekatan ecommerce. Hal ini dipilih karena ecommerce dinilai memiliki potensi dan penetrasi yang bagus untuk produk UMKM bisa berkembang.

“Tools Ecommerce bisa diciptakan sendiri misalnya dengan membangun website,” kata Wahyu Agung Setyo, perwakilan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

“Tantangan UMKM sekarang adalah peningkatan kemampuan bahasa asing. Bahas inggris harus mulai diimplementasikan secara kolektif pada UMKM. Hal dasar ini adalah modal UMKM untuk dapat berkomunikasi dengan dunia luar,” lanjutnya.

Sebagai informasi, pelatihan GO Ekspor ini menjadi upaya UNS untuk mewadahi pelaku usaha di bawah naungan Nglarisi UMKM untuk membuka diri ke pasar ekspor. Acara ini juga didukung oleh BSI (Bank Syariah Indonesia).

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments