Home News Umat Tetap Antusias Ikuti Misa Minggu Palma Secara Online

Umat Tetap Antusias Ikuti Misa Minggu Palma Secara Online

810
0
Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo memimpin Perayaan Ekaristi Minggu Palma di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (5/4/2020) pukul 09.00-10.00 WIB. Foto : Romana da Gomes

BERNASNEWS.COM – Meski hanya secara online atau melalui live streaming, umat Katolik di seluruh Indonesia, termasuk di Keuskupan Agung Semarang (KAS) tetap antusias mengikuti misa haria raya Minggu Palma. Mereka dengan khusuk mengikuti misa di depan layar televisi, laptop atau HP layaknya misa tatap muka di gereja.

Sambil melambai-lambaikan daun palma yang diberkati secara online maupun secara langsung di gereja masing-masing, umat dengan semangat ikut menyanyikan lagu Yerusalem, Lihatlah RajaMu.

Rm Djoko Surawidjaja Pr (tengah) saat memimpin Perayaan Ekaristi Minggu Palma dari Gereja Paroki St Petrus Sambiroto, Semarang, Jawa Tengah didampingi Romo Simon Atas Wahyudi Pr (kiri) dan Rm Budyo Pranata, Minggu (5/4/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Rasanya seperti misa di gereja, meski tidak menerima komuni dalam wujud hosti tapi hanya komuni batin. Misa secara online terasa lebih khusuk karena tidak diikuti banyak orang, cuma anggota keluarga dalam satu rumah,” kata Ratnawati, umat Lingkungan St Maria Ratu Rosari, Paroki St Petrus dan Paulus Babadan yang mengikuti misa secara online/live streaming dari Gereka Paroki St Petrus Sambiroto, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (5/4/2020) pukul 06.00 WIB. Misa secara konselebrasi dengan selebran utama Romo Djoko Surawidjaja Pr serta konselebran Romo Budyo Pranata Pr dan Romo Simon Atas Wahyudi Pr.

“Kami juga ikut misa yang disiarkan secara live streming dari gerejanya Romo Atas,” kata Aloysia Yanti Ardianti, salah satu umat Lingkungan St Agustinus, Paroki St Yohanes Rasul Priwulung Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Gereka Paroki St Yohanes Rasul Priwulung dirintis oleh Romo Simon Atas Wahyudi Pr sekaligus sebagai Pastor Paroki pertama gereja tersebut sebagai pemekaran dari Paroki St Kristus Raja Baciro.

Lies Ratnawati, umat Lingkungan Santa Maria Ratu Rosari, Paroki St Petrus dan Paulus Babadan, saat mengikuti misa Minggu Palma dari Gereja St Petrus Sambiroro Semarang yang dipimpin Rm Djoko Surawidjaja Pr (tengah) dan didampingi Romo Simon Atas Wahyudi Pr (kiri) dan Rm Budyo Pranata (kanan), Minggu (5/4/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dalam kotbahnya, Romo Djoko Surawidjaja Pr mengatakan, Perayaan Ekaristi Minggu Palma tahun ini sangat unik dan istimewa. Unik karena dilakukan secara online/live streaming dan istimewa karena dilakukan di tengah-tengah keterbatasan ruang dan waktu sebagai dampak dari virus Corona.

Dan misa secara online merupakan bentuk ketaatan umat Katolik dalam mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak secara sosial (Social Distancing) dan secara fisik (Physical Distancing) untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Corona.

“Umat Katolik harus taat, rendah hati, sabar dan percaya menghadapi segala keterbatasan yang ada. Karena di tengah keterbatasan saat ini, bila kita tetap setia dan taat pada apa yang dianjurkan pemerintah akan berujung pada kebahagiaan bersama,” kata Romo Djoko Surawidjaja Pr.

Titi Sari (tengah), umat Lingkungan St Agustinus, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung bersama putrinya, Soma (kiri) dan Putri, keponakannya, usai mengikuti misa yang dipimpin Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo yang disiarkan TVRI, Minggu (5/4/2020). Foto : Istimewa

Misa secara online juga diikuti umat lainnya, yang disiarkan secara langsung melalui TVRI dan beberapa televisi swasta. “Saya baru selesai mengikuti misa yang dipimpin Bapak Kardinal dari Katedral Jakatar mulai pukul 09.00,” kata Ny Binarto, umat Lingkungan St Maria Ratu Rosari.

“Puji Tuhan misa sudah selesai. Terima kasih Tuhan atas kesempatan yang boleh kami terima bisa misa bersama,” tulis Titi Sari, umat Lingkungan St Agustinus Nologaten, dalam akun facebooknya usai mengikuti misa yang dipimpin Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo yang disiarkan TVRI dari Katedral Jakarta, Minggu (5/4/2020) pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here