Home News Umat Kristiani se-Dunia Memasuki Masa Advent

Umat Kristiani se-Dunia Memasuki Masa Advent

37
0
Ilustrasi : Lilin advent

BERNASNEWS.COM – Umat Kristiani di seluruh dunia memasuki masa adventus atau advent yakni masa penantian kedatangan Juru Selamat Dunia, Yesus Kristus Putra Allah, Minggu (1/12/2019). Awal masa advent, Minggu (1/12/2019) ditandai dengan penyalaan satu dari 4 lilin advent di korona yang dipasang di sekitar altar. Dan setiap minggu, satu per satu lilin dinyalakan hingga minggu keempat atau seminggu sebelum hari Natal, 25 Desember.

Dalam mengisi masa advent selama sebulan penuh, umat di setiap lingkungan akan mengadakan sarasehan advent dengan tema Orang Katolik yang Transformatif. Tema ini ditentukan oleh Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang (KAS). Sarasahen advent akan dilanjutkan dengan aksi nyata berupa kunjungan ke panti-panti asuhan untuk memberikan kado Natal bagi penghuni panti asuhan yang dikunjungi.

Dalam misa advent pertama di Gereja Maria Assumpta Babarsari, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, yang bersamaan dengan Ekaristi Kaum Muda (EKM) dengan tema He Always Love Us (Dia Selalu Mencintai Kita), Minggu (1/12/2019) sore, Romo Yohanes Iswahyudi Pr yang memimpin misa mengatakan, masa advent atau masa penantian kedatangan Sang Juru Selamat Dunia merupakan masa dimana umat manusia harus mampu mengubah diri dari kebiasaan yang buruk ke kebiasaan yang baik. Masa penantian juga sebagai kesempatan bagi umat Kristiani untuk bertobat, tidak berbuat kesalahan dan dosa, namun memperbaiki diri.

Romo Iswahyudi juga mengatakan bahwa untuk menciptakan perdamaian dunia maka umat manusia harus menyiapkan cinta kasih. Karena suasana damai hanya bisa terwujud bila semua saling mencintai satu sama lain.

Dalam Ekaristi Kaum Muda di Gereja Maria Assumpta Babarsari, Minggu (1/12/2019), gereja dipenuhi umat yang sebagian besar adalah anak-anak muda. Karena banyaknya umat yang hadir, sehingga tempat duduk yang tersedia baik di dalam maupun di luar gereja tak mampu menampung sehingga sebagian umat terpaksa berdiri sepanjang misa berlangsung hampir dua jam itu. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here