Home News Ulu Kasok Riau Sebagai ‘Raja Ampat Mini’, Mencuri Banyak Perhatian Wisatawan

Ulu Kasok Riau Sebagai ‘Raja Ampat Mini’, Mencuri Banyak Perhatian Wisatawan

61
0
Ulu Kasok atau juga disebut ‘Rajat Ampat Mini’,berada di Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. (Foto: Kiriman F. Pradigma)

BERNASNEWS.COM — Berwisata ke obyek wisata alam Raja Ampat yang berada di tanah Papua tentunya perjalanan cukup jauh di ufuk timur Indonesia, juga terkait dengan besarnya biaya akomodasi untuk menikmati keindahan alam nan eksostis tersebut.

Sumatera pun sebenarnya memiliki destinasi alam yang keindahan serupa Raja Ampat, bahkan disebut-sebut sebagai ‘Raja Ampat Mini’. Tepatnya berada di Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Ulu Kasok atau juga disebut ‘Rajat Ampat Mini’ merupakan jajaran pulau-pulau yang tertata apik yang dikombinasikan air laut berwarna biru mempesona. Destinasi wisata ini dibuka sejak pertengahan tahun 2017, hingga kini wisatawan yang berkunjung pun semakin banyak. Bukit ini berada di jalan lintas barat menuju Sumatera Barat.

Lanskap Ulu Kasok berupa pulau-pulau kecil bak ‘Raja Ampat Mini’ yang berada di Kabupaten Kampar, Riau. Foto diabadikan, Minggu 25 Juli 2021. (Foto: Kiriman F. Pradigma)

Kodisi jalan dari Pekanbaru sampai Ulu Kasok sendiri mendaki dan cukup indah, bisa ditempuh dengan kendaraan berkisar 3 jam perjalanan. Dari tempat parkiran Ulu Kasok pengunjung harus masih mendaki bukit dengan jalan yang berkelok-kelok sejauh 500 meter, apabila capek untuk berjalan kaki juga tersedia jasa ojek.

Terkenalnya tempat wisata ini pasalnya semakin banyaknya spot-spot foto yang dibuka oleh pengelola, terutama untuk pengunjung yang suka swafoto (selfie). Mulai dari spot fot bentuk tulisan besar dengan huruf kapital, perahu, kapal terbang, gembok, sarang burung, rangkaian bunga love, semua ada di sini.

Tiket masuk ‘Raja Ampat Mini’ Riau ini pun terbilang cukup murah hanya Rp 5.000 saja. Ada tiga pemandangan yang ditawarkan di Ulu Kasok yaitu air terjun, wisata pulau dan puncak Ulu Kasok. Tempat favorit dan selalu ramai dikejar wisatawan adalah berfoto di Puncak Ulu Kasok, dengan latar hamparan pulau-pulau kecil. (F. Pradigma, Mahasiswa Program studi Public Relation, ASMI Santa Maria Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here