Home Pendidikan UII Wisuda 1.211 Lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana dan Ahli Madya

UII Wisuda 1.211 Lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana dan Ahli Madya

708
0
Sebanyak 1.211 lulusan UII mengikuti prosesi wisuda di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang Sleman, Sabtu (26/10/2019). Foto : Humas UII

BERNASNEWS.COM — UII mewisuda 1.211 lulusan, yang terdiri dari 4 doktor, 99 magister, 938 sarjana dan 170 ahli madya pada acara wisuda Periode I Tahun Akademik 2019/2020 di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang Sleman, Sabtu (26/10/2019). Dengan demikian, hingga saat ini UII telah menghasilkan 98.889 alumni, yang telah berkarya di berbagai sektor, baik di dalam maupun luar negeri.

“Inilah salah satu buah yang bisa ditawarkan UII kepada bangsa dan umat sebagai perwujudan dari visi UII menjadi rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil alamin),” kata Fathul Wahid ST MSc PhD, Rektor UII, dalam sambutan pada acara wisuda, Sabtu (26/10/2019).

Karena banyak yang diwisuda kali ini, maka terpaksa dibuatkan panggung di luar auditorium sehingga sebagian tamu undangan maupun orangtua/keluarga wisudawan/wati duduk di panggung depan auditorium. “Atas nama UII, izinkan saya menyampaikan beribut maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dialami,” kata Rektor UII mengawali sambutan.

Rektor UII Fathul Wahid ST MSc PhD (kiri) mewisuda salah satu lulusan UII pada acara wisuda periode I tahun akademik 2019/2020 di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Sabtu (26/10/2019). Foto : Humas UII

Kepada para wisudawan/wati, Rektor termuda kedua UII setelah Abdul Kahar Mudzakkir selaku Rektor pertama UII ini, mengingatkan bahwa masa depan membutuhkan ketrampilan yang berbeda. Ketrampilan masa depan yang sudah dimiliki harus terus digosok dan diasah, supaya semakin ‘kinclong’ dan tajam. Ketrampilan apa yang dibutuhkan masa depan?

“Beragam studi memberikan beragam daftar, tapi saling beririsan secara signifikan. Selain kemampuan dalam bidang teknologi, juga dalam berbagai hal seperti kreativitas, kecerdasan emosional, ketrampilan berpikir analitis dan sebagainya,” kata Rektor UII.

Dikatakan, kreativitas sangat diperlukan di masa depan untuk mendesain perubahan dan memanen semua perkembangan yang ada. “Kreativitas ini akan membuat inovasi yang menghadirkan solusi untuk beragama masalah manusia. Teknologi sampai saat ini tidak dapat mengalahkan kreativitas manusia. Karenanya, asahkan selalu kreativitas dan selalu berpikir lateral, menemukan hal yang tidak jamak, melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, mengkomunikasikan beragam komponen yang nampaknya tidak mungkin disatukan dan bingkai semuanya itu untuk kemaslahatan yang lebih besar. Tanpa itu, kreativits tidak akan menjelma menjadi inovasi,” kata Fathul Wahid.

Rektor UII Fathul Wahid ST MSc Phd saat menyampaikan sambutan pada acara wisuda lulusan UII, Sabtu (26/10/2019). Foto : Humas UII

Kemudian, menurut Rektor UII, tajamkan kecerdasana emosional. Banyak kejadian di sekitar membutuhkan sensitivitas yang membangkitkan empati, yakni konsep relasional yang dibutuhkan ketika manusia berhubungan dengan lainnya. “Kreativitas juga terkait dengan integritas dan kemampuan dalam bekerjasama,” kata Rektor UII.

Selain itu, ketrampilan berpikir analitis juga sangat diperlukan. Ketrampilan ini dapat dihubungkan dengan pengambilan keputusan. “Di sini kemampuan memilih informasi menjadi sangat penting. Hal ini sangat menantang ketika tantangan saat ini tidak lagi kemiskinan informasi tetapi kekayaan informasi yang dibarengi dengan kemiskinan atensi,” kata Fathul Wahid.

Pada wisuda kali ini, Senior Associate at Assegaf Hamzah & Partner M Insan Pratama, alumni FH UII angkatan 2005 tampil meyampaikan sambutan mewakili alumni UII. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here