Home Pendidikan UII Terima 5.830 Mahasiswa Baru dari 25.720 Pendaftar

UII Terima 5.830 Mahasiswa Baru dari 25.720 Pendaftar

1626
0
Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang. Foto : kumparan.com

BERNASNEWS.COM – Pandemi Covid-19 tak menghalangi minat calon mahasiswa untuk kuliah di Jogja, termasuk UII. Ini terbukti, sebanyak 25.720 calon mahasiswa dari 34 provinsi di Indonesia maupun dari luar negeri mendaftar ke UII pada tahun akademik 2020/2021 untuk program diploma dan sarjana.

“Selain didominasi dari provinsi di Pulau Jawa, secara signifikan jumlah pendaftar UII berasal dari Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Selatan, Lampung dan Nusa Tenggara Barat. Dan bBukan saja dari dalam negeri, setelah proses seleksi, UII juga menerima 66 mahasiswa internasional dari negara Yaman, Thailand, Suriah, Palestina, India, Pakistan, Nigeria dan sebagainya,” kata Ratna Permata Sari, Kepala Bidang Humas UII, dalam rilis yang dikirim kepada wartawan, Senin (7/9/2020) malam .

Menurut Ratna, pada Selasa (8/9/2020), UII menyelenggarakan kuliah perdana untuk mahasiswa baru Program Diploma dan Sarjana Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual atau dalam jaringan (daring). Hal ini mengingat wabah Covid-19 yang belum mereda.

“Kuliah perdana tahun ini diselenggarakan secara daring dan dapat disaksikan secara langsung ( ) di Youtube Universitas Islam Indonesia mulai pukul 08.00 WIB,” kata Ratna Permata Sari.

Menurut Ratna, kuliah perdana diawali dengan sambutan Rektor UII Prof Fathul Wahud ST MSc PhD lalu diikuti serah terima dari perwakilan orangtua mahasiswa kepada Rektor UII, pelantikan perwakilan mahasiswa baru, serta sharing motivasi dari Alumni Prodi Ilmu Kimia, Khoiria Oktaviani selaku Communication Manager Kementerian ESDM dengan tema Mantapkan Hati Merajut Mimpi. Kuliah perdana ini direncanakan akan diikuti oleh 5.830 mahasiswa baru UII secara daring sinkron dari rumah masing-masing.

Sementara itiu, tak ingin menghalangi keinginan untuk terus studi di bangku kuliah, UII juga memberikan beasiswa bagi 195 mahasiswa antara lain dari jalur seleksi Beasiswa Hafiz Al-Quran, Beasiswa Duafa, Beasiswa Pondok Pesantren UII, Beasiswa Atlet & Juara Seni, dan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar.

Setelah mengikuti Kuliah Perdana ini, secara daring mahasiswa juga mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru dengan tajuk Pesona Ta’aruf (PESTA) pada 9-13 September 2020, Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI) 1 pada 15-17 September 2020, dilanjutkan orientasi mahasiswa baru di tingkat fakultas pada 19-24 September 2020.

Sesuai dengan Surat Edaran Rektor, perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021 tetap diselenggarakan secara daring dan akan dimulai pada tanggal 28 September 2020. disediakan laman website sambut.uii.ac.id agar mahasiswa baru tetap merasa terhubung, bisa mengikuti informasi terbaru dan bergabung dalam rangkaian proses kegiatan mahasiswa baru. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here