Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeUII Rencanakan Buka Prodi di Luar Kampus Utama

UII Rencanakan Buka Prodi di Luar Kampus Utama

bernasnews – Pendidikan merupakan salah satu aspek penting bagi kita. Namun sayangnya, pemerataan pendidikan di Indonesia belum merata di setiap daerah.

Masalah pemerataan pendidikan ini menjadi persoalan bagaimana sistem pendidikan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh warga negara untuk memperoleh pendidikan.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Fathul Wahid dalam acara Press Tour yang digelar pada Sabtu (11/6/2022) mengatakan akan menjangkau pendidikan lewat rencana Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) di waktu mendatang.

Rektor UII, Fathul Wahid, saat menyampaikan sambutan dalam Press Tour. (Foto: Intandari)

PSDKU merupakan program studi yang diselenggarakan di luar kampus utama atau di daerah lain. Sederhananya, PTN membuka kampus atau prodi tertentu di luar kota asalnya .

“Dalam beberapa tahun kedepan akan ada beberapa hal yang akan kita tuntaskan, salah satunya dengan rencana membuka Program Studi di Luar Kampus Utama,” ujar Rektor UII, Fathul Wahid dalam sambutan singkatnya.

Rektor UII juga menuturkan, salah satu tujuan PSDKU diselenggarakan agar bisa mengulang kembali kesuksesan yang pernah di raih UII pada tahun 1970- an.

Mengulas cerita, tahun 1964 sampai 1970, di bawah kepemimpinan Prof. Dr. dr. M. Sardjito (seorang dokter medis terkemuka di Indonesia), UII kembali diperluas hingga memiliki 22 fakultas, lima yang berlokasi di Yogyakarta dan sisanya tersebar di provinsi lain, Jawa Tengah (Solo, Klaten, dan Purwokerto), dan Sulawesi Utara (Gorontalo).

Rencana PSDKU ini nantinya akan dikloning dan dibuatkan izin tersendiri. Tak hanya di Yogyakarta, PSDKU diharapkan mampu terselenggara di kota lain.

“Kalau bisa (didirikan) di lintas provinsi akan sangat baik, dan itu nanti izinnya harus dengan izin LLDIKTI setempat,” ujar Fathul Wahid.

Rektor UII berharap, tidak hanya di Jogja saja kampus UII berada, namun kedepannya bisa membuka peluang serta jangkauan yang lebih luas lagi bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih lanjut di UII tanpa harus ke Jogja.

“Untuk kuliah di UII tidak harus ke Jogja kalau ini secara fisik, tetapi kalau ingin kuliah daring kita juga siapkan,” ujarnya

Apabila PSDKU ini berjalan baik, maka pihaknya akan mengupayakan pengadaan di berbagai kota lainnya. Sehingga, apabila banyak yang kuliah di UII, biaya pendidikan akan semakin murah.

“Kalau makin murah, yang kuliah semakin banyak juga,” sebutnya.

Diakhir, Rektor UII turut menyampaikan akan membuka program beasiswa lebih banyak lagi. Dengan begitu, siapa saja boleh mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa membeda bedakan status sosial.

“Karna kita ingin yang miskin, yang pintar bisa kuliah,” ujarnya di akhir sambutan. (Intandari)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments